Human...

Ini kisah ringan tp bikin jengkel..
Akhir2 ini banyak yg ribut soal pemilihan presiden yang bakalan dihelat di indo. Ga seperti yg sebelumnya yg biasa mengusung artis, gembar gembor apapun (paling laris soal kesehatan gratis-please deh..bulsh*t!!).. Namun kali ini gembar gembor di soc med.. Thanks God, gw ga buka FB lamaaaaa jadi ga keimbas esmosi liat timeline yg sibuk black campaign (dg maksud atau tidak bermaksud seperti itu).. Padahal yah, mau sengotot apapun lo sama pilihan lo.. Dia ga bakal denger juga suara lo.. Mereka itu cuma haus kekuasaan.. Mana yang bener mana yg salah sekarang udah ga bisa diliat dengan jelas.. Dan satu lagi,, semua pasti punya cacat.. Ga usah deh ngarepin presiden bener2 bersih, sekarang tanya aja diri lo sendiri.. Apa lo juga ga punya cacat? Ga perlu judge orang lain segitunyalah.. Ga penting juga.. Ngaca diri sendiri ajah.. Dan terimalah kekurangan orang.. Gw setuju kalo kita ga boleh asal milih.. Tapi kalo mau menakar dengan neraca manusia, kayanya ga bakal ada yang pas deh.. Dan menurut gw, gembar gembor fakta atau "fakta" di sosial media itu bagian dari politik.. Dan gw rasa terlalu bodoh untuk ikut arus.. In my opinion ya... 



Gw juga paling males sama org yg nasehatin tapi ga liat kondisi dirinya.. Misalnya, org yg belum nikah tapi nasehatnya panjanggg sama gw... Lah, ngerasain nikah kaga, punya anak juga kaga, hidup berpisah sama suami apalagi.. Tapi nasehatnyaaaa... Gw cuma senyum aje.. Ga guna didebat juga.. Istilahnya kaya bayi ngasih tau cara jalan sama orang dewasa.. Hargai saja.. Ada juga tipikal org yg kerjanya ngasih masukan.. Itu ga bagus, mending begini.. Lah, bagus enggaknya kan sesuai keinginan org itu.. Perbedaan selera dan latar belakang.. Misalnya, masa lo maksa org yg lama stay di NYC harus pake kebaya? Yang ada dia cuma pake kembennya doang, hehehe.. Org bebas berekspresi.. Gw ketawa ajah saat denger percakapan "menilai" orang lain. Kesian bgt org yg ngasi masukan, ga ngaca dirinya lbh pas2an.. Menurut gw, kalo ga suka, mending diem dan tinggalin drpd diomongin.. Atau ada juga yg menurut gw lucu.. Dinasehatin harus punya..ini itu, drpd yg ga penting.. Padahal gw tau dengan pasti bahwa org tersebut punya aset yg lebih dari sekedar ini itu, hanya ga ditunjukin.. Gw suka geli dengernya.. Disinilah gw belajar, dont judge a book by it's cover.. Lebih baik gw mingkem, drpd buntutnya gw tau kenyataan dan gw malu.. Kata suami gw, kita ga bisa ngejaga mulut orang buat ngomong apa aja.. Betul.. Dan nasehat dalai lama ini bagus...



Ganti topik.. Gw ga abis pikir yah sama ibu2 jaman sekarang.. Padahal dia ga ada kerjaan tapi masih aja pake asisten rumah tangga plus pake baby sitter.. Trus lo ngapain? Mending kalo ngasi gaji yg reasonable.. Kalo kopet sih, buat gw ga perlu belagu pake dua org yg bantuin lo segala.. Gaya keren, belanja selalu di tempat mahal tapi buat bayar asisten mendadak miskin.. Woi.. They are working 24/7! Lo panggil kapan aja, mereka ada.. Ntah ya, tapi krn gw terbiasa ngeliat kalo di luar negri itu kerja diitung pake jam, sementara mereka kerjanya seharian di rumah lo trus lo perlakuin mereka seenak jidat, kok rasanya ga pantes ajah. Gw juga liat ada fenomena aneh.. Contohnya kaya di preschool yg marak sekarang.. Enyaknye yg ga ada kerjaan dateng pagi2 anter anaknya pake celana pendek, nongkrong2 di sekolah trus ngafe2 centil.. Gatel ajah liatnya.. Plus kerjanya cuma gosip dan nambah dosa. Beda banget kalo gw liat keadaan di sekolah anak gw dimana ayah ibunya adalah pekerja. Ga ada istilah nongkrong, gosip.. Pokoknya anter-jemput anak, titik.. Karena kami terlalu lelah kalo sampe ngerumpi ga jelas, mikir kerjaan aja repot, males ngurusin si anu abis beli itu, pake apa yang baru, capede.. Plus jadi ngurangin dosa.. Nah ibu2 sosialita yg di seberang sana yg kalo di rumah ada asisten, plus anak pake baby sitter, kerjanya cuma meni pedi atau ngegym.. Hello... Kebanyakan duit? Bukan alasan.. Menurut gw kasian aja anaknya.. Kebayang deketnya sama baby sitter trus baby sitternya ga betah, anak lo musti adaptasi sama org baru.. Kalo anak lo diurus sendiri pasti ga bakal terpengaruh berat.. Ga usah jauh2, sebelah gw.. Kesian gw liat anaknya. Anaknya yg kalo ada asisten bisa ketawa ceria, pas asisten ga ada, dia cuma bisa diem dan ngintipin dari balik jendela ngeliatin gw main sama anak gw di halaman atau keluar rumah.. Miris liatnya...

Ada lagi yg kerjaannya pencitraan.. Entah kenapa soc med menjadi topeng bagi manusia jaman sekarang. Pernah ga lo sadari, org otomatisasi ganti status atau langsung upload ketika berbahagia, pergi ke luar negri. Buntutnya.. Cuma PENGEN nunjukin ini, itu.. Ngomong panjang lebar di soc med.. Gw eneg liat org yang nulis status kaya nulis diary.. Satu, ga penting gw tau lo abis ngapain, apa yg lo sukurin. Bersyukur itu sama Tuhan! Bukan di soc med! Tuhan udah pindah ke soc med yaks? Kedua, kalo lo depresi, sedih trus tulis status sepanjang sungai bengawan solo.. Tuhan, tolong! Please, berdoa itu sama Tuhan! Bukan sama soc med! Bener2 kekanak2an.. Ketiga, upload segala ga penting.. Hampir tiap hari upload.. Mending kalo bagus, ini mah pas2an.. Gw ajah disuruh ambil foto ga pake kamera canggih, cm pake hp hasilnya jauhhh lbh bagus! Objeknya ga jelas..anak dekil, hitam.. Atau tangga, sepatu.. Gw punya temen yang memang hasil jepretannya bagus.. Buat gw, narcis kalo berkualitas itu SAH! Tapi upload foto pas2an dan hampir tiap hari itu..ENEG! Keliatan bgt ga ada kerjaan.. Dan lebih parah lagi pelakunya itu segala umur bahkan yang udah punya anak! So norak? Well... Padahal berdasarkan jurnal disebutkan bahwa orang yang sering mengumbar di soc med itu memiliki kehidupan yang ga seindah yang dia umbar pada kenyataannya.. Belum lagi ada yg pinter banget ngomongin soal Tuhan tapi buntutnya tiap pacaran "bobok" sama pacarnya.. Pas anamnesa baru deh ketahuan.. Screening ooiii, screening faktor resiko ganti2 pasangan! Dan berhenti bertopeng Tuhan kalo kelakuan begitu.. Atau, memang udah bukan dosa lagi yah berganti pasangan seenak jidat? Sekalian aja topless kaya di NYC.. Dunia makin uedan! Mending gw makan coklat ajah dah..



Belajar dari hal biasa.. Buat gw ilmu itu bukan hanya dr buku tp dari telinga.. Dan terkadang kita cukup berkata, cukup tau saja.. Menurut gw, kita semua adalah pembelajar.. Ga ada yg lebih karena kita manusia.. Manusia memiliki keterbatasan.. Kita lebih tau di bidang ini tapi belum tentu di bidang lain.. Dan ga perlu ngotot dan sok tau padahal salah.. Atau merasa lebih hebat hanya karena langkah kecil diambil lebih dulu.. Capek deh yg kaya gt.. Gw males ngotot, ga guna juga buat gw... Ga usah malu mengakui kalo kita salah, kalo kita ga tau.. Dan ga perlu ngotot sok tau atau belagu.. Dan gw ga suka yg sok bossy.. Ngomongnya guede... Hobinya ngatur.. Tapi dirinya big zero! Wuidih.. Stay away from me dah yg kaya gt..

Last words for today..




Comments

My Other Celotehan