How to raise a kiddo?

Ga ada namanya sekolah jadi orang tua... Dan proses pendidikan akan terus berkembang.. Namun akhir-akhir ini malah jadi menyedihkan.. Saya menulis ini bukan untuk menggurui yaaa.. Hanya ingin meluruskan saja.. Semoga bermanfaat..

Masa kanak-kanak adalah masa bermain! Itu yang harus ditekankan.. Kasian aja liat anak-anak musti dijejelin belajar ini itu.. Apapun alasannya.. Dengan dalih bahwa anaknya senang belajar.. Dan ini bukan terjadi di kalangan orang yang hanya mementingkan pride.. Bahkan di kalangan praktisi kesehatan yg notabene harusnya mengerti kebutuhan dasar setiap anak... Ini terjadi juga pada beberapa anak temen gw, dan hebatnya lagi mereka dengan bangganya posting bahwa anak mereka bisa ini itu.. Ah, mungkin teman-teman saya itu lupa pelajaran tumbuh kembang.. Atau..memang tidak tahu, mungkin? Menyedihkan.. Below 2 yo, ga perlu kita bilingual.. It may lead to speech delay.. Anak memang bisa diperkenalkan dengan berbagai hal.. Flash card, segala fasilitas pembelajaran anak memang kini sudah tersedia dengan mudahnya.. Di sekolah anak saya juga ada.. Namun, seusia anak saya dijejali dengan spelling words? Ga perlu kelessss... Ngomong aja masih terbatas.. Usia dua tahun diharapkan untuk bisa berbicara 300 kata.. Dan tolong... Bahasa ibu.. Ga perlulah hanya supaya terlihat hebat di mata org, pake bahasa Inggris.. Tenang aja, mereka gampang menyerap kok.. Ga usah takut mereka ga bisa bahasa universal itu.. Otak anak ini sedang pesat2nya berkembang.. Bahkan.. Researcher dari europe tidak menyarankan untuk dual seperti itu.. Lagian, pada mampu kan keluar negri? Stay aja barang sebulan.. Nanti juga langsung lancar sendiri.. Hahaha.. Bukan itu intinya saya nulis ini..

Kita perlu ingat bahwa batita adalah saat dimana perkembangan motorik, sensorik, self ego-nya nongol.. Mereka butuh stimulasi untuk beraktivitas outdoor, bergerak, eksplor lingkungan.. Banyak yg mereka bisa pelajari.. Ga perlu ke disneyland, ke kebon binatang yang murah meriah bisa mengajar mereka banyak hal.. Ke taman bermain.. Atau bahkan belajar menanam wortel kaya anak saya? Hahaha... Biarkan anak sesuai dengan kebutuhannya.. Bukan memenuhi keinginan orang tuanya..  Ini saatnya mereka bermain.. Ga usah bikin mereka stres sebelum waktunya.. Toh.. Nanti juga seumur hidup stresnya.. Saat ini adalah masa mereka untuk bersenang-senang... Bermain sepuasnya.. Menikmati masa kecilnya.. Ini waktu yg tepat untuk sama2 belajar.. Anak belajar, ibu juga belajar.. Belajar mempelajari anaknya, mengetahui bahwa beberapa perilakunya adalah bagian dari perkembangannya.. Perbanyak membaca, para ibu.. Berikan waktu untuk anak, sesuatu yg paling mahal yg kita bisa berikan karena tidak akan pernah bisa terulang lagi.. Berilah kesempatan bagi mereka untuk berkembang, menumbuhkan kepercayaan dirinya.. makan sendiri walo belepotan, pake sepatu, baju sendiri. Banyak anak yg karena ingin praktis dan cepat, makan tetap disuapi. Pakai baju, sepatu selalu dibantu.. Atau dengan asisten.. Beri kesempatan anak menumbuhkan kemandirian dan kepercayaan diri bahwa dia bisa melakukannya.. Berikan award ketika dia berhasil.. Sebuah pelukan hangat, tepuk tangan, kata-kata membangun, pujian, senyum bahagia dan tulus adalah sesuatu yg membuatnya menjadi pribadi yg matang saat dewasa nanti.. Biarkan anak bermain sepuasnya, mencoba berbagai hal tanpa harus diteriaki.."awas", "ga boleh".. Atau ajak fun cooking, jalan-jalan yang bermanfaat (bukan ajak ke mall belanja). Wariskan kepada mereka masa kecil yang bahagia.. 

Satu lagi yang penting.. Pantau perkembangan mereka.. Nah, berikut ini adalah gambar yang saya ambil dari klinik anak di Bandung.. Ini dapat menjadi patokan bagi kita untuk melihat apakah anak saya bisa melakukan sesuatu sesuai dengan usia perkembangannya.. Monggo ditilik...


Saya juga bukan orang tua sempurna... Saya menulis ini karena saya juga sedang belajar.. Banyak hal yang belum saya tahu, ketika saya tau, saya akan berusaha membagikannya supaya apa yang saya dapatkan bermanfaat untuk orang lain.. Karena saya tau, ibu pasti ingin melakukan yg terbaik untuk anaknya.. 


Ok... Salam buat si kecil ya bun....

Comments

My Other Celotehan