PPDS

Selamat pagi....
Ga kerasa udah lama rasanya gw sekolah (never ending study judulnya)... ;-p

Tadi pagi dapet email dari salah seorang pembaca blog gw yang lama bahwa dia pengen daftar PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis). Dia nanya seputar persyaratan. Hmm, rasa-rasanya persyaratan mutlak ada di webnya. Kalo persyaratan yang kalau ada, itu lebih baik juga ada. Kaya sunnah ajah.. (Kaya ikutan pelatihan tertentu, walau ada sih beberapa yg ngewajibin juga misalnya ATLS). Berhubung karena gw adalah produk jadul blum lulus makanya gw merasa tidak berada pada porsinya untuk memberitahu banyak soal pendaftaran. Kalo ada yang mau nanya berapa biaya masuk dll aduh, maaf ya.. Udah ga update lagi, cyiiinnnn...

Memang sih, spesialis masih jadi idaman. Bukan gw asal ngomong tanpa ada bukti yahhh... Hal ini terbukti dari rate pembaca blog gw yang dulu paling banyak ya baca tentang PPDS (sepanjang gw posting sampe sekarang).

Pertanyaan yang umum ditanya pas wawancara?
1. Kenapa daftar bagian yg lo pilih?
2. Kenapa pilih universitas yg bersangkutan?
3. Udah PTT?
Itu yang wajib. Jawabannya apa? Sesuai keimanan saja ;)) Kadang pertanyaannya ajaib, misalnya kamu bisa nyanyi? Hehehehe...

Apa sih yang harus disiapin?
Kayanya ga perlu lah yaa kalo gw bilang belajar toefl, ujian tulis dll.. Itu mah WAJIB hukumnya. Nah yang harus gw kasih tau dan harus digarisbawahi yaitu NIAT dan TEKAD. Ga sedikit loh orang yang kesandung pas residen karena dua hal ini.

Misalnya ajah, seorang temen gw yang 4 tahun yang lalu tiap kali pendaftaran selalu nelfonin gw bilang pengen daftar bla bla bla... SETIAP kali jadwal pendaftaran baru!!! CATET!! Ternyata dia baru daftar setelah tiga setengah tahun mengganggu kehidupan gw dengan nanya ini itu. Trus pas dia masuk ternyata hanya bertahan selama 2 bulan saja. Apa yang salah? Apa niatnya kurang? Jawaban gw simpel ajah, kalo dia emang bener-bener niat mestinya dari 4 tahun yg lalu dia udah daftar. toh dia ga ada masalah finansial dll. Trus, masuk PPDS itu bukan karena disuruh siapapun, bener-bener harus dari diri sendiri.

Harus gw akui bahwa akan sangat sulit untuk beberapa orang yang sudah terbiasa terima duit, sudah terbiasa jadi bos, ga pernah jaga malem tiba2 dihadapkan pada kondisi yang membuat dia harus tunduk pada sistem. Sistem yang akan membuat dia terikat, hours of night shifts without being paid sampe ninggalin keluarga. Untuk masalah ninggalin keluarga, ada baiknya gw ingetin buat para calon residen wanita sebelum daftar: sebaiknya belum memiliki anak, tidak berencana memiliki anak dalam waktu dekat (beberapa bagian memiliki kebijakan ga boleh punya anak dulu dalam tahun pertama residensi) atau sudah memiliki anak yang cukup besar untuk ditinggal.. Ga enak kalo sampe turun semester pas residen gara2 hamil atau kerepotan ngurusin anak yang masih baby, jadi kurang fokus... Curcol ney..

Intinya sih cuma pengen bilang, bener-bener siapin mental. Kl ga keterima ingatlah bahwa menjadi spesialis bukan berarti segalanya. Kl keterima ya ikhlas dan terima konsekuensinya (terhadap diri sendiri dan keluarga). Temen gw pernah bilang, kalo mau kaya jangan jadi dokter. Pernah liat daftar orang terkaya? Adakah dokter di dalamnya? Ga, kan? Hahahaha... Just joke..

Good Luck...

Comments

Post a Comment

sila tanya dimari, kakak..

My Other Celotehan