Be A Mom

Saat dede masih berada dalam rahim mama...

Mama belajar untuk bertahan dengan segala ke"inginan"mu.. Mungkin mama tidak merasakan mual, muntah seperti wanita hamil kebanyakan namun mama merasa lapar hingga makan 9-11 kali/hari. Sampai tengah malampun mama masih kelaparan. Waktu itu kaki mama mengalami kecelakaan sehingga harus digips selama sebulan, belajar menekukkan kaki dan berjalan selama sebulan sementara mama masih harus memikirkan kondisimu yang bergantung pada mama. Ditambah lagi papa yang berada di Aussie selama mama hamil. Mama belajar untuk menerima kondisi ini karena mama tau, kaupun turut merasakan apa yang mama rasakan. Mama belajar untuk tetap tenang dan tersenyum setiap kali mereka melihat seorang wanita hamil besar yang memakai tongkat berjalan sendirian untuk kontrol kandungannya. Mama belajar untuk menerima perubahan bentuk badan mama.

Saat dede masih bayi...

Kebahagiaan terbesar adalah saat melihatmu pertama kali. Anak kebanggaan mama. Mama tak kuasa menahan air mata pertama kali melihatmu. Mama belajar bahwa kini sudah ada dede yang menjadi tanggung jawab mama. Mama berusaha memberikan yang terbaik yang bisa mama berikan. Mama belajar bertahan menahan perih bukan hanya karena operasi caesar namun operasi lainnya yang sekaligus dilakukan saat melahirkanmu. Mama membiasakan diri terbangun setiap satu atau satu setengah jam sekali demi memberikan minum ASI. Mama melakukannya dengan bahagia. Tidak semua wanita bisa mendapatkan kebahagiaan seperti yang mama rasakan, itu yang menjadi dasar mama untuk tidak mengeluh ketika lelah. Mama berusaha untuk ikhlas ketika mama harus menitipkanmu pada daycare karena mama harus kembali ke sekolah dan papa yang berangkat ke UK untuk 4-5 tahun ke depan. Mama tidak terbiasa berpisah denganmu, anakku. Namun mama melihat dede bahagia di sekolah dan sangat bersemangat. Semua orang menyebut dede anak yang pintar dan menjadi favorit para guru.

Saat dede toddler.....

Tidak terasa waktu cepat berlalu... Anak mama sudah semakin besar, semakin pintar, sudah mengerti pembicaraan. Mama belajar untuk tetap bersabar mengajari dede berbicara, menemani dede bermain sebagaimanapun lelahnya mama. Walaupun sudah toddler, dede masih suka minum susu 7-8 botol malam hari (bahkan pernah hingga 10 botol permalam). Artinya, mama tidak pernah bisa untuk tidur dengan tenang semenjak dede lahir hingga sekarang.. Hehehe, namun mama merasa senang karena mama bisa menemani, memandangi dede sepanjang malam walaupun dede lebih banyak menghabiskan waktu tidak bersama mama.  Setidaknya hanya itu yg bisa mama lakukan sekarang.. Mama belajar untuk tegar jika dede menangis ditinggal mama jaga malam. Dede mencari mama.. Maafkan mama, sayang. Mama juga letih bahkan tidaak jarang mama merasa semua yang mama lakukan tidak sepadan dengan pengorbanan dede. Dede yang hanya bertemu papa setahun sekali, masih harus ditinggal mama. Rasa-rasanya mama ingin berhenti..Berulang kali ingin berhenti.. Namun ketika itu, dede mengajarkan mama untuk tersenyum. Jika mama menangis, dede selalu memegang muka mama dan tersenyum. Selalu... Satu-satunya yang membuat mama bertahan adalah senyumanmu.


Saat dede nanti masuk sekolah

Ah, mungkin saat itu dede akan malu bila mama mencium dede di muka umum. Dede akan lebih senang bermain dengan teman-teman dede. Mama saat itu sudah selesai sekolah dan dede sudah semakin besar. Dede mungkin akan lebih mengerti tentang permainan terbaru, gadget terbaru atau apapun itu. Mungkin mama akan terlihat semakin jadul dan old fashion. Mama mungkin harus belajar banyak pada dede supaya mama bisa menjadi seorang teman yang baik untuk dede... Mama akan memberi bekal yang cukup untuk kehidupan dede. Mama akan persiapkan dede menghadapi dunia..


Saat dede kuliah nanti

Dede mulai asyik dengan dunia dede. Mungkin dede akan berpetualang mengelilingi dunia dengan keahlian dede. Mama mungkin tidak bisa memantau dede setiap saat. Ah, saat ini dede sudah mulai mengenal arti cinta dan mama belajar untuk melihat wanita itu dari sisi dede. Mungkin mama akan merasa cemburu, merasa tersaingi. Mungkinn.. Namun mama akan belajar menghormati pilihan dede. Tapi mama tetaplah first love-nya dede..


Saat dede menikah

Saat inilah mama akan melihat dede sebagai seorang pria yang harus menjadi nakhoda bagi keluarga dede. Mama harus belajar melepas dede dan menghormati dede sebagai kepala keluarga, memberi batasan tidak mencampuri kehidupan dede yang baru. Mama belajar dari pengalaman bahwa apabila mama terlalu banyak andil dalam kehidupan dede, itu akan merusak kehidupan keluarga dede nanti. Lagipula.. Mama sudah memberikan dede bekal yang cukup untuk menjadi seorang pria dewasa, menjadikan pangeran mama menjadi seorang raja. Mama harus belajar bahwa anak mama kini mungkin sudah tidak serumah lagi dengan mama. Namun, mama akan selalu disini..


Saat dede memiliki anak

Saat inilah mama tahu bahwa mama sudah berada di ujung masa mama.. Mama akan belajar bagaimana mengasuh anak yang baik karena biasanya seorang nenek akan bersikap terlalu overprotective yang justru akan merusak anak dede. Mama akan mencintai anak dede seperti mama mencintai dede. Mama akan belajar bahwa dia adalah anak dede, dimana dede memiliki hak penuh dalam cara mendidik. Mama akan menghargai itu. Mama akan mengupdate ilmu mengasuh anak anak.


Be a mom is a lifelong learning..
Never easy..
Make your son a  Prince so everybody knows that he has been raised by the Quenn...




Comments

My Other Celotehan