The story behind my final exam...

Sebenarnya saya tidak begitu berharap untuk bisa ikut ujian di OSCE XIX di makasar, krn saya sempat cuti 6 bulan. Namun ternyata saya diperbolehkan untuk mengikuti ujian bersama teman2 seangkatan saya.. Thanks God.. Hihihi.. Akhirnya mereka yang mundur mengikuti jadwal akademis saya.. Okeh, it's gonna be a long story..

Perjuangannya yang tidak mudah, karena persiapan saya yang tidak maksimal dan anak saya yang tidak mau melihat mamanya belajar ditambah lagi saya masih menjadi chief resident.. Waktu saya belajar hanya saat malam.. Untunglah waktu yang memisahkan saya dan suami saya sangat pas, karena ketika malam di Indonesia itu sore di Inggris.. Jadilah suami saya setia menemani saya.. Dan terimakasih kepada Telkomsel yang netnya lancar sepanjang saya ujian.. Kami skype berjam2 lamanya, bahkan ipad langsung terpasang dengan chargeran. Saya itu kalau ujian harus ditemani suami, jadi saya kesal kalau ujian sendirian begini.. Ini tampang suami saya yg ngantuk.. Wkwkwkwk.... Alhasil, saya bisa menyelesaikan ujian lokal dan berangkat ke makasar..


Teman-teman saya sibuk membawa buku, tasnya dipenuhi dengan berbagai macam buku dan kertas.. Hingga overbaggage.. Saya ingat perkataan kakak kelas saya, habiskan membaca buku dan bawalah buku yang belum kamu kuasai betul.. Dan saya lebih memilih laptop dan ipad.. Karena saya kesana untuk berbagi ilmu dengan centre lain, bukan lagi menyelesaikan bacaan... Dan saya sekamar dengan salah satu kandidat dari UGM.. Saya belajar cara mereka, metode mereka.. Mereka pejuang tangguh dan bekerjasama.. Sedikit kritik, kami kontingen dari Bandung tidak belajar bersama.. Alasannya karena belum selesai belajar.. Wajarlah, kami baru menyelesaikan ujian lokal empat hari sebelum kami berangkat.. 

Ini sedikit cerita saat kami berangkat.. Bahkan di pesawatpun sibuk membaca....



Walau,,, ada yang tidur juga...


Saya?? Yah narcis lah...




And here we stand.. Makasar!!!!! Jangan perhatikan badan saya yang menggembung akibat naik 10 kilo!


Sesampainya makasar, kami dijemput pihak hotel.. Psst, hanya kontingen dari Bandung yang diantar jemput oleh pihak hotel.. Sebelum kami istirahat, kami melipir dulu ke RM Kota Daeng.. Buat kamu yang suka sama seafood, tempat ini rekomen.. Kami ga berani makan yang terlalu pedas (makasar identik pedas), jadi kami memilih bawal goreng, soup ikan, soup sehat, sayur, kerapu bakar, apalagi yaaa.. Lupaaa.. Tapi enakkkk... Dan malam itu, kami tidur dengan nyenyak.. Gw sih yg tidur, temen gw entah beljar entah tertawa2...

Kelompok kami identik dengan makan, makanya postingannya makanan yaa.. Bakso sebelah hotel lumayan, lesehan di ruko sebelah juga lumayan.. Daripada lu manyun.. Hihihihi




Ketika yang lain sibuk belajar, saya menikmati makasar dengan berjalan-jalan ke mall dekat hotel dan ke SALON!! Hahahaa, iya, ke salon.. Toh tidak akan menambah ilmu secara signifikan kalo dipaksain begadang belajar.. Plus, hotelnya kecil, kamar sumpek dan tidak ada hiburan.. Jadiii... Saya lebih memilih untuk have fun.. 

Dan hari itu tibaaaaa.... Ujian dimulai!! My lucky number.. 30!!!


Hari pertama itu MCQ.. Dibagi dua session.. Session pertama agak sedikit melegakan, namun sesi kedua?? Beuh.. Susah, bung!! Tapiii, apapun yang terjadi, ready for tomorrow!!! Karena semua itu akan kami lewati juga.. Siap - tidak siap, mau - tidak mau.. Jadi, tetaplah tersenyum.. Dan tetap EKSIS!!! Sukaaaaa bgt sama foto ini.. Kereeeennnnn....


Hari kedua itu OSCE, total 12 station.. Tegang luar biasa, kami pasrah.. Siap pulang.. Apapun hasilnya.. Bahkan, saking kami sudah ikhlas dengan hasilnya, kami malah sibuk foto2 sambil menunggu yudisium... Kami memang berbeda, dimanapun kami berada, kami selalu ribut, selalu tertawa dan selalu FOTO!!!!






Dan inilah kolaborasi cipularang,, #eeehhh maap, kolaborasi gabungan kontingen UI dan UNPAD.. Teteup yaaa... Eksissss...


Dan, pengumuman pun tiba.. Saya sudah tidak peduli, saya sibuk dengan IPAD.. Sudah pasrah dengan hasilnya dan tidak mau mendengarkan.. Dan ternyata.. Nama saya dipanggil setelah beberapa orang.. Saya kaget.. Bahkan saya lupa menyalami pihak penguji sehingga kandidat lain tertawa.. Hahaha... Saya LULUS LANGSUNG dan cumlaude!! Terima kasih, Tuhan!! Beberapa waktu kemudian teman saya yang lain dipanggil juga.. Hasil akhir.. Dua orang dari kontingen kami lulus langsung, sisanya harus remedial....


Keesokan harinya, teman2 saya harus remedial.. Untung saja soalnya sama dan lulus OSCE semua, kecuali seorang yang tidak lulus MCQ.... Ketika mereka remedial, saya dan teman saya naik taksi untuk membeli oleh2 supaya efisien.. Rekomendasi tempat itu.. Di toko oleh2 makanan kaya kacang, otak-otak, minyak gosok dll adanya di Toko cahaya, nah ini ada dua, di Jl. Sulawesi sama di Jl. Perintis.. Kalo di Somba Opu, tempat kain khas makasar.. Kalau ke sini, beli di toko Ulung atau Jaya Karsa... Rekomen tempatnya.. Lalu mencoba Coto Makasar Nusantara di Jl. Nusantara yang hanya buka siang hari. Dimakan dengan lontong.. Ada juga sih beberapa makanan lain, cuma gw lupaaa... Wkwkwkwk...



Setelah mereka ujian remedial, mereka nyusul kami... Dan kami jalan ke fort rotterdam, losari.. Kami ga sempet ke Bantimurung, taman kupu2.. Atau ke pantai Bira yang masih 6 jam dari makasar karena pesawat kami flight pagi.. Ini sedikit dari kenarcisan kami..




Sempet juga kami makan di mie titi pas malem kami ke Losari.. Tapiiii, bukan siberat namanya kalo ga karaoke dimanapun kami menginjakkan kaki..



Baiklah.. Selamat tinggal makasar!! Siberat berhasil juga!!

Kami datang, kami berperang dan kami MENANG!!!!






Akhir kata, terima kasih untuk keluarga, guru serta pasien kami..

PS: ini adalah untold story behind it al..


Tertangkap kamera usaha kang akbar yang modus ngedeketin si manager hotel.. Lumayanlah, kami jadi free anter-jemput pake mobil hotel.. Wkwkwkwk


Cinta lama yang bersemi kembali.. Kisah cinta yang sempat putus diantara dua insan ini akhirnya kembali juga.. Wkwkwkwk.. Mereka tertawa bersama.. Begitu bahagiaaaa... Hahahahahaaaaaaa....


Makhluk satu ini ga nyadar dirinya jadi bulan2an kejailan kang acep.. Ketebelan lemak jadi ga berasa ditempelin begitu.. Kaya sun go kong... Wkwkwkwk...

Dan, inilah kami.. Kembali ke habitat asli kami..



Ditulis dengan penuh sayang oleh kandidat termuda di kontingen ini...

























Comments

My Other Celotehan