Do and don't for our baby.....

Masih dengan tema anak-anak.. Berhubung gw masih melanglangbuana stase terakhir gw di masa residensi ini.. Dan gw merasa memiliki kewajiban untuk membagi apa yg gw dapet selama masih disini.. Waktu yang singkat namun cukup banyak yg gw dapet.. 

Ini adalah beberapa pelajaran yg gw dapet dari salah seorang dokter perkembangan anak di salah satu klinik anak berkebutuhan khusus di Bandung.. 

Awal mula kisah ini adalah ketika gw bercerita bahwa gw punya anak.. Pada kaget.. Iya sih, gw bagaikan remaja gitu mukanya.. Huahahhaha.. Dan mereka bertanya ttg anak gw.. Disinilah semua itu berawal.. Saat gw berkata anak gw itu sekolah... Trus?? Kita skip dulu bagian ini..

Menurut dokter ini, masa yang paling baik untuk menanamkan perkembangan otak adalah dengan attachment selama lima tahun pertama kehidupan sang anak. Setelahnya, mulailah dia lebih banyak berinteraksi dengan sosial.. Katanyaaa... Yaa.. Dalam lima tahun pertama, attachment dengan ibu akan membentuk kepribadian, perkembangan otak katanya (nanti saya cek ulang yaa, hrs ada bukti jurnalnya).. Dan itu tidak tergantikan.. Maksudnya? Anak kita akan paling baik bila diasuh oleh kita sendiri.. Bukan oleh siapapun.. Attachment yg terpenting.. Pengasuhan yang berganti-ganti akan membuat anak bingung. Hari ini gw bagaikan mendapat tamparan keras.. Namun semua itu pilihan.. Sama seperti gw.. Apa mungkin gw meninggalkan sekolah gw yg hanya tinggal sebentar lagi? Akhir kata, itu adalah pilihan... Intinya sih yg gw dapet bahwa attachment itu penting.. Makanya, kalo lg lowong gw selalu ambil anak gw lebih cpt dr jadwal pulang dan setiap pulang, selalu anak diurus sama gw.. Bukan sama asisten di rumah.. Sabtu minggu sama gw, kemana2 sama gw.. Untunglah udah lumayan ga byk acara dan rumah deket jadi bisa lebih banyak waktu untuk mengurus si kecil. Bisa bolak balik kalo dia ga sekolah. 

Kalau kita mau memperlakukan sesuatu pada anak, kita harus balik bercermin dan memposisikan diri sebagai mereka.. Jika kita membuat begitu banyak peraturan padahal kita sendiri tidak memiliki banyak waktu bersama si kecil, bayangkan jika kita yg ada di posisinya.. Bagaimana jika kita bertemu orang yang jarang interaksi namun bersikap bossy dan menyuruh2 kita? Memangnya kita mau? Jadi, sebaiknya introspeksilah terlebih dahulu... Sebaiknya, kalau kita mau memberikan kebiasaan baik, mulailah dari diri sendiri.. Biarlah dia melihat kita melakukan kebiasaan baik dan dia mencontoh langsung dari kita.. Sehingga kita tidak perlu repot-repot menyuruh krn dia melihat sendiri..

Kemudian, jangan berikan gadget pada anak kita.. Apapun itu wujudnya.. Baik itu tv, ipad, laptop or so whatever it calls.. Menurut dokter ini, waktu yg tepat untuk diberi gadget adalah 10 tahun.. Gadget akan menurunkan IQ sebanyak 20 point.. Ada juga sih faham yg menganut boleh menonton TV, asal tidak melebihi 2 jam, usia di atas 2 tahun... Namun kata dokter ini TIDAK SAMA SEKALI!! Pemeo yg muncul di masyarakat bahwa gadget membantu proses belajar ini cukup harus diwaspadai.. Apalagi tidak adanya support sistem yg bisa membatasi informasi yang berkeliling di gadget.. Anak membutuhkan aktivitas fisik, keterampilan lainnya sedangkan gadget akan membuat anak tidak aktif dan bahkan seakan-akan menghipnotis.. Ga pengen kan anak kita menurun IQnya? Mulailah berinteraksi dengan anak.. Bisa kok.. Anak gw juga suka gadget, awalnya karena dia kebiasaan skype sama papanya yg stay di luar negri, tapi dengan kita meluangkan waktu bermain, tertawa.. Dia merasa lebih nyaman dan memilih untuk bersama kita.. Dia ninggalin gadgetnya dalam waktu satu hari tanpa merengek2.. 

Masalah terakhir adalah masalah bilingual.. Bukan hal baru kalo bilingual telah menjadi barang jualan sekolah supaya harganya mahal... Pertanyaannya, apakah itu perlu? Jawabannya tidak! Why? Otak si anak itu sedang berkembang.. Dan dual bahasa ini akan membuat kebingungan bahkan tidak jarang menjadi speech delay.. Ga pengen kan anak kita jadi keterlambatan bicara? Terus gimana kalo mau keluar negri? Kata dokter ini, kalau nanti misalnya gw ngikutin suami gw stay di luar sono, maka harus konsisten dengan lingkungan. Maksudnya gini, kalo di Indo, lingkungan pake bahasa ya sudah pakailah bahasa.. Wanna stay abroad? Everyone talks in English, it means we should talk in English too.. Even in the house! Tenang aja, anak sangat cepat menyerap dan bisa beradapasi.. Ga usah bikin bingung dengan dua bahasa karena takut anaknya lupa bahasa ibu.. Contohnya anak si dokter ini, dia bilang cemplungin anak dia di sekolah, gunakan bahasa jerman di rumah ehh langsung lancar, bahkan lebih lancar dari papanya yg lebih duluan stay di jerman.. Kalo kata dosen saya, kita bisa mulai memperkenalkan bahasa lain dalam usia dua tahun, tapi ga perlu sampe harus pake bilingual yaa..

Itu adalah sedikit yg gw dapet.. Gw akan bagiin ilmu yg gw dapet yaa.. Supaya kita semua mendapatkan manfaatnya.. Ok.. Keep smile, darl..



Comments

My Other Celotehan