Which one are you?

Saya bersekolah di tempat yg katanya sekolah teladan, sekolah terbaik.. Saya melihat berbagai macam manusia pintar, cerdas, atau cerdik.. Saya terbiasa di lingkungan akademis yang lebih dari biasa.. Penuh kompetisi, saya sendiri sih biasa ajah sebenernya, hehehhe.. Dan sepanjang saya melihat, saya dapat menyimpulkan beberapa hal.. Ini berdasarkan opini saya, krn saya banyak melihat org pintar, tidak sedikit melihat yg berlawanan...

Pertama, orang pintar memiliki kecenderungan untuk merendahkan opini lawan, bersifat hafalan, berkepala besar, merasa dirinya selalu benar.. Dan cenderung selalu menyalahkan lawan.. Tipikal ini mudah dilihat.. Tipikal kutu buku yang sepanjang hidupnya dipenuhi buku, text book.. Pinter sihhh... Tapiii...

Kedua, tipikal cerdas.. Tipikal ini memiliki nature yang memang bawaannya.. Tipikal ini bawaannya tenang, slow, ga suka tunjukin kalo dia cerdas tapi cepet tanggap.. Lebih santai, easy going, ga terlalu terlihat ngoyo belajar tapi nilainya selalu bagus.. Kaya balance aja gt.. No need extra effort, no begadang sampe malem krn dasarnya mmg cerdas..

Ketiga.. Cerdik.. Tipikal ini lebih mirip licik.. Segala cara dibuat untuk mencapai nilai yang baik.. Mulai dari memanfaatkan kelebihannya, memberikan "pesugihan" atau apapun yang membuat dia berada dalam posisi aman.. Apa dia pintar? O, tentu.. Tipikal ini pintar memanfaatkan situasinya..

Kemudian, tidak jarang orang yang belagu tapi dia sebenarnya tau sedikit.. Hanya karena hafal, merasa bisa langsung menjengkali orang lain, merasa dirinya bisa melebihi orang yg memang naturenya pintar.. Biasanya sih org kaya gini itu yg pas2an, trus nilainya rada bagus dikit tp ga ngerti2 amat, org yg hanya mencuat sedikit tapi belagunya selangit....

Ada juga yg tipikal standar.. Nilai biasa saja tapi tetap selamat.. Ngerti sedikit, lupa sedikit, ya istilahnya kalo air itu suam2 kuku... So standar.. Mayoritas sih org ky gini..

Ada lagi, org yg ga bisa tapi ngerasa bisa.. Nah, ini yg paling parah.. Udah salah, ngerasa bener.. Paling gawat itu kalo dia ga sadar salah.. Pernah tuh gw ketemu org kaya gini waktu les dulu pas sma, astagaaa... Ngajarinnya bikin esmosi... Tapi gw jauh jauh jauhhh lebih senang tipikal org kaya gini yg mau belajar dibandingkan dengan org yg cuma tau sedikit tapi belagunya selangit dan merendahkan serta mensejajarkan dengan yg pinter beneran.. Ga respect sama sekali sama yg kaya gt..

Prinsip gw, ilmu itu ga berenti.. Apa yg kita tau skrg akan terus berkembang seiring waktu.. Ilmu hari ini akan menjadi sejarah untuk sebuah ilmu yg lainnya.. Jadi ga ada istilah bodoh atau pintar.. Tetap belajar.. Kita itu manusia kecil, hanya tau sedikit.. Ilmu itu begitu luas.. Oleh karena gw merasa bodoh, makanya gw belajar.. Makanya paling ga ngerti sama org yg sirik dengan org lain, yg bisa bilang.. Ah, beda nilai sedikit, atau gw kan lebih dari lo.. Wow, picik bgt org yg kaya gt.. Karena buat gw, nilai itu bukan tujuan akhir.. Pola pikir, pengertian, aplikasi dan hikmat adalah tujuannya.. Gw udah terbiasa di sekolah terbaik.. Dan gw ga ngerasa nilai penting karena akhirnya di dunia nyata semua itu ga penting, semua temen gw pas sekolah dulu adalah org pintar.. Karena sebenarnya ilmu itu ga ada gunanya kalo bukan diaplikasikan, bukan hanya sebatas hafal atau nilai semata.. Makanya, gw paling salut sama org yg bisa menerangkan.. Artinya dia mengerti alur pemikiran ilmu tersebut, bukan hanya hafal.. Karena sesungguhnya orang yg berpengertian paling luar biasa adalah orang yg bisa menerangkan pada orang lain.. Itu sungguh2 mengerti namanya.. Dan saya salut pada guru, dosen saya yg bisa menerangkan.. Karena mereka memiliki pengertian paling tinggi.. Salam!!



Comments

My Other Celotehan