Dear teman...

Hari ini saya sangat kecewa.. Posisi kami sama, sama2 murid yg sedang belajar... Kami gagal dalam bidang itu dan kami harus belajar ulang. Namun, janganlah kalau sampai mencontek untuk hal yang semestinya harus dilakukan sendiri.. Karena kami diberi kempatan untuk menggali ilmu... Tapi kl mencontek? Hmm.. Tunggu dulu..

Sungguh, saya bukannya sombong, tidak mau berbagi ilmu atau mau menang sendiri.. Tapi buat saya, saya lebih memilih untuk berusaha sendiri supaya kita mengerti.. Salah itu biasa.. Saya akan jauh lebih bangga kalau saya salah dan belajar dari kesalahan saya sehingga mengerti dibandingkan dengan jawaban benar namun hasil jiplakan orang lain.. Apa gunanya saya belajar? Kalau saya tidak suka jawaban saya dicontek, itu semua semata2 supaya mereka semua belajar, walau itu belajar dari kesalahan masing2.. Kita jadi tau mengukur diri sendiri.. Ah, tapi tidak semua memiliki idealisme yang sama.. Pemikiran yang terlalu dangkal, entah itu karena alasan tidak percaya diri dengan jawaban sendiri atau apapun.. Tapi sungguh, saya jauh lebih menghargai orang yang tidak mengerjakan dan hanya melihat dibandingkan dengan mencontek supaya aman.. Buat apa bener tapi ga ngerti? Toh juga kalo ditanya ga tau apaan.. Sangat menyedihkan.. Kapan mau majunya kalo begitu? Tapi, inilah hidup.. Ada pro.. Ada kontra.. Saya tidak mau ambil pusing dengan pemikiran atau perkataan orang, saya melakukan ini demi kebaikan.. Kata suami saya, bila berada di jalur yang benar, maka biarlah.. Toh saya jg sdh lelah.. Saya akan melaju, krn sy sdh tll byk berjalan di tempat..


Comments

My Other Celotehan