Cukup pake ini, dijamin kinclong!!! #Cantikgaharusmahal

Percaya ga sih kalo muka mulus kita bisa didapat dengan satu hal aja? Ga percaya? Ga harus mahal kok.. Kan saiyah penganut garis keras cantik ga harus mahal.. Penasaran? Yuk.. baca...

Yup, cukup dengan satu hal ini gw merasakan perubahan yang sangat besar.. APaan sih bambank?? Rahasianya yaitu.. Jeng.. Jeng.. (drum rolls).. EAT CLEAN.. Pasti dalam hati lo bilang.. Sh*tt, gw juga tau, anjayy.. Wkwkwkwkwk.. Lemasin dulu urat syarafnya, cin.. Kalau pada masih inget, konon ada pepatah yang bersabda.. You are what you eat.. Nah, itu berlaku untuk kesehatan, juga kesehatan kulit.



Dulu jaman rutin tiap 2 minggu ke dokter spesialis kulit, tu dokter ga bosen-bosen bilang, perhatiin makanannya yaa.. Tapi, emang dasar petekilan, baru ngerasain setelah bertahun-tahun kemudian. Sedikit cerita, gw mulai berubah setelah gw memutuskan untuk hidup sehat karena berat badan berlebihan. Salah satu gaya hidup sehat yang gw jalanin itu ya eat clean dan berat gw berhasil turun 20 kilo.. Mau info lebih jelasnya silahkan klik disini

Perubahan paling signifikan itu bukan hanya dalam bentuk badan yang buat ga keliatan kalo dah beranak dua, tapi juga sangat berpengaruh terhadap kulit. Jerawat yang biasa nongol walo lagi masa subur atau masa enggak subur, jadi jarang banget nongol. Keseimbangan hormonal yang juga mempengaruhi kulit turut menunjang jadi lebih sehat. Tentunya sih sekarang gw udah meminimalisir pengunaan foundation, makeup tebel bak ondel-ondel, minum air putih yang banyak serta double cleansing turut menjadi penunjang kulit sehat, tapi makan makanan sehat memberi kontribusi yang cukup besar juga loh.. Jadi, yuk mulai makan sehat!

Tapi kak, makanan sehat mahal loh..
Hmm, enggak juga sih yah. Kalau menurut kamu makanan sehat itu dikategorikan serba organik, import oriented sih pasti mahal ya.. Misalnya nih, mau makan sayur kaya wortel, seledri, brokoli, buah, beras merah, olieve oil dan semua organik dan import ya jelas mahal. Tapi kita bisa kok ngakalinnya.. Metode pembersihan yang benar, kurangi pedas, minum yang banyak, ga merokok, cara masak yang baik akan menuntun kita menuju jalan yang benar. Maksudnya begini, hal kecil aja dulu. Jelas barang import dan organik adanya di suplier besar, mall, supermarket yang biaya sewa tempatnya juga besar, hal itu tentu akan turut dibebankan pada belanjaan kalian. No wonder harganya akan dinaikkan. Atau pake online ? Sama aja, import ya import.. Ada biaya bea cukai disana. Jangan jauh-jauh, barang dari batam aja kena bea cukai mahal gile. Sayangnya, usia muda sekarang udah macem robot dimana ngikutin gaya hidup influencer yang wara wiri di instastory mereka SAMA PERSIS, apapun yang dilakukan, dimakan diikutin plek-plek.. Padahal, influencer kan dapet gratisan dan kalian semua wahai netijen +62 beli sendiri, mending kalo beli sendiri.. Ga sedikit yang masih minta dan "nenen" dari ortu atau suami. Be smart, guys.. Mau apa yang lo makan, ujung-ujungnya akan tetap terbuang di jamban.. Dan Tuhan juga ga bakel nanya, lo makan organik ga di dunya inieh?

Nah, karena berhubungan sama muka, maka gw akan berbagi tips yang memang berfaedah untuk kesehatan wajah. Pertama, meminimalkan penggunaan nasi, bukan ga makan tapi bisa diganti jadi beras merah atau smash potato dengan kuantiti alakadarnya. Terasa banget loh perubahannya. Kemudian, metode  pengolahan makanan. Misal ni yee, gw mau makan wortel, brokoli, telor. Brokoli dan wortel akan dikukus sementara telor dimasak tanpa menggunakan minyak. Nah untuk bermain dengan menu, ga sedikit dari kita yang terjebak dengan cara masak.. Tenang, di blog ini semua ada solusinya.. Pakai aja air fryer, alat masak tanpa minyak goreng tapi hasilnya emeijing.. Banyak kok air fryer yang dijual di luar sana. Trus, gw digaplok netijen.. Mahal kak airfryer, eh, gw kasih tau ya.. air fryer itu investasi jangka panjang, apalagi kalo dah punya anak. kerasa banget manfaatnya. Ringkes dan no ribet-ribet. Bumbuin, masukin, setting, tinggalin, jadi deh. Bayangin lo kudu pake minyak, secara mau sehat pake olieve oil blum kadang kematengan, kadang ga mateng, kecipratan minyak, si kecil teriak-teriak dannn lo masih harus susah payah nyuci wajan penuh minyak plus si kompor yang pastinya kecipratan.. Sounds familiar dengan keribetan itu? Makanya invest aja.. Believe me and you can thank me later.. (PS: hanya berlaku buat orang yang mau masuk dapur tapi ga mau ribet masak)

Nah, ga lupa kurangi susu. Dulu sih gw haram banget sama susu, pedes, coklat karena ngikutin kata si dokter kulit gw. Gw baca-baca referensi jurnal dermatologist sih pro kontra yah (well, dunia kedokteran itu emang begitu, selalu ada yang kontra karena kalo ga gitu ga afdol dan ga berkembang deh). Tapi yang gw rasain ngaruh sih susu yah, jadi kalau buat susu sih gw jelas NO..

Ga lupa minum yang banyak, olahraga.. Wedeh, diulang terus sampe bosan.. But, it works beb.. Kalo ga ngepek ngapain gw selalu mention.. Perbanyak sayur dan buah, protein perlu pake banget, bijaklah dalam memilih jenis karbo. Cemilan tepung, minyak jauhin aja, masaklah dengan cara yang baik, pakailah face oil. Sekarang, yang bener-bener gw pake tiap harinya adalah rosehip oilnya trilogi. Hanya itu. Why? Karena di usia dan jenis kulit gw ini, fokusnya adalah kelembapan, antiaging, menghilangkan dosa masa muda (bekas jerawat) yang bisa diakomodasi sama si trilogy rosehip oil. Nah, kalau kalian pintar, cari tahu kebutuhan wajah kalian dan pakailah oil yang cocok. Tapi kan kak, muka saiyah berminyak. Well, you lufa kalo otak you itu fintar? Kalau you punya muka kering akibat penggunaan exfoliate, pembersih yang bikin keset sampe ketarik, masker clay, scrub atau dehidrasi... yaa you punya otak nyuruh si kelenjar buat bikin lebih banyak nah akibatnya malahan nambah berminyak, dengan adanya oil maka si otak bilang owh, cukup ternyata.. Tapi ga usah lebay juga pakenya.. So, ingat.. do not exfoliate without moisturize it, drink a lot, use sunscreen and.. EAT HEALTHY. Support your skin to their best.. ByE....

My Other Celotehan