A-Z bout acne

Kayanya udah terlalu banyak postingan tentang acne and thousands testimonial bout this sh*t... Jerawat itu penyakit.. Tidak membuat kematian, tapi menurunkan derajat kepercayaan diri dan kemaluan.. Sakitnya bukan hanya disini *tunjuk jerawat* tapi juga disini *tunjuk dompet* #biggrin coz bukan rahasia bahwa estetika untuk yang satu ini investasinya lumayan dan mguras pundi2 kantong.. gimana coba bisa keluar rumah dalam keadaan muka seperti di bawah ini?


So, let's talk bout this..
I'm still woman and have to deal with it too.. Tapi.. Sebelum saya membahas tentang jerawat, saya akan bahas beberapa hal yang mendasari terjadinya jerawat. Hal ini supaya kita mengerti mengapa bisa timbul jerawat dan bagaimana pencegahan serta terapinya.. Wuih.. It's gonna be a long story.. Semoga ga membosankan dan bisa menambah pengetahuan.. Saya akan membahas hal ini dengan cara yang sesimpel mungkin, kalau mau tahu detail sampai reaksi inflamasinya silahkan googling atau bisa PM saya untuk referensi jurnalnya.. Lagipula, detail itu milik dokter kulit.. So, saya ga akan menjajah ranah orang lain.. Saya hanya bertujuan membagi saja.. Hehehe.. 


Seperti yang terlihat di atas, masalah utama jerawat itu adalah masalah kelenjar yang berada di sebelah folikel rambut. Kelenjar ini akan mengeluarkan sebum, oily liquid gituh buat angkat sel kulit mati ke permukaan, pengeluarannya diatur oleh hormon. That's why acne related to hormones.. Jangan salahkan menstruasi, that's the rule! Nah, kalo si sebum, sel kulit itu membentuk plug dan terinfeksi bakteri akan menimbulkan peradangan, sejalan juga dengantertutupnya jalan keluar si sebum ini.. Jadilah si acne ini.. Banyak yang bisa nambah si acne, kaya tertutupnya si kanal tadi, misalnya karena makeup, atau ga bersih bersihin muka, oily base makeup or skincare, stres, bahkan dikatan makanan dengan indeks glikemik tinggi juga berhubungan dengan jerawat selain genetik.. Singkatnya sih begitu.. Trusss what should we do?

Standar, rajin bersihin muka. Tapi.. Ga lebih dari dua kali.. Soalnya akan membuat muka kering dan mudah iritasi bahkan ga jarang menghasilkan lebih banyak minyak.. Dan, jangan pernah tidur tanpa bersihin muka. Tidak lupa, sebelum aplikasikan sesuatu ke muka, pastikan tangan atau brush atau beauty blender (aplikator apapun) bersih! Jangan malas untuk mencucinya minimal seminggu sekali!

Kedua, jangan pernah pencet jerawat! Liat gambar di atas? Ketika kita pencet jerawat kita, maka akan menyebabkan ruptur ke dalam lapisan di bawahnya, make it worst and tend to be scar! Yuck!

Less stress, eat and sleep well.. Kalo soal cuaca, humid and hot place such Indonesia memang jadi penentu sih, cuma ga mungkin kan kalian move ke iklim dingin gegara jerawat? Just want to say bahwa cuaca jg nentuin..

Sekarang.. Hal yang paling bikin senang.. Kalo dah ada tuh si jerawat.. Mau diapain???
Buat yang satu ini, kayanya udah jadi bahan perbincangan hangat dimana-mana.. Yup, saya adalah traveller patient! Dokter sana sini, obat ini itu sampe disuntik juga pernah.. Sekali suntik langsung kempes.. But, it leave scar on my face! Regret? Sure! Dulu waktu SMP kan namanya coba dokter ini itu.. Makanya, saya mau berbagi supaya ga ada yang kaya saya..

Pertama, karena memang jerawat itu terlibat dengan namanya bakteri, makanya ga jarang dokter kulit yang meresepkan antibiotik.. Dasarnya dah jelas, kan? Lamanya? Tergantung...

Kedua, asam salisilat.. Banayk banget produk yang menjadikan bahan ini menjadi bahan aktifnya.. Bisa? Iyah, mengurangi inflamasi.. Saya cocok? Yup, cocok2 ajah.. Cuma muka saya ga bisa sama yang namanya p*nds, bisanya yang neutrogena atau st.ives (review later). Duo combo ini pas banget di kulit saya..

Ketiga, benzoil peroksida.. Holy grailnya para beauty junkie.. Banyak yg langsung kinclong, tapi ga jarang juga yg bilang "purging" atau ga cocok sama sekali.. Di Indo ada? Hmm, gw pernah nemu yg bezolac.. Kandungannya benzoil peroksida sama clindamisin.. Ada jg yg benzoil peroksida sendiri.. Wanna give a try? That's your choice!

Keempat, sulfur.. Yes, dari jaman nenek moyang emang ini dipercaya bisa bikin jerawat kempes. Banyak produk yang didasari sama bahan ini.. For me? Well, it doesn't help anything sih.. But, individual yaaa... Mungkin di kamu cocok..

Kelima, hormon alias kontrasepsi.. Hmm, seinget gw.. Blum pernah seorang dokterpun yang menyarankan gw minum obat ini di Indo,, ga gw, ga juga temen2 gw.. Tapi, secara teori sih iya.. Tapi, ga gw rekomendasiin yaa...

Keenam, retinoic acid.. Nah, ini juga booming di kalangan manusia pencari muka bersih.. Hahaha.. Dia unplug pori-pori yang ketutup.. Di indo ada? Adaaa... Pernah dengar vitacid? 

Ketujuh, nah... Ini nihh.. Isotretinoin.. Pernah diresepin kapsul yang warnanya merah atau coklat? Bikin keringggg, bukan hanya di muka, di mukosa yang lain kaya bibir, and even your vagina! It works.. Tapiiii.. Berdasarkan resep dokter yaaa... Satu lagi, bisa menyebabkan depresi, teratogenik, headache bahkan normo pressure hydrocephalus (neuro bangettt).. 

Yup.. Itu adalah sedikit yang bisa saya bagi.. Jika bermasalah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit yaa... Pilih kosmetik yang cocok ( beberapa ada yang memang ga cocok sama kandungannya,so be a smart buyers yaaa)... Banyak minum air, perasan lemon pagi2, hidup sehat, kurangi paparan ac terutama malam hari dan kurangi stres! More info? You can reach me via email from my bio.. Hope it helps, dear! xoxo

Comments

My Other Celotehan