Preggy, breastfeed mom guide

Sebenernya saya tidak bisa menyebutkan bahwa saya adalah ibu yang berpengalaman.. Saya hanya seorang ibu dari dua anak (semestinya 3 namun keguguran sekali). Yah, setidaknya ada beberapa hal yang bisa saya bagi dari sedikitnya pengalaman saya. 

Pertama.. Hamil adalah anugerah
Hal ini merupakan suatu hal yang paling mendasar. Menjadikan pola pikir bahwa kehamilan adalah anugerah akan membuat kita menjalani dengan mudah.. Terlalu khawatir tidak akan menambah apapun, namun justru dapat berakibat buruk. Enjoy your time while you can.. Karena setelah si anak brojol, waktu kita akan lbh terfokus untuk si bayi..

Kedua, baju hamil
Baju hamil sekarang lebih mudah didapatkan.. Pilih baju yang tipis (kehamilan akan membuat suhu badan kita lebih tinggi). Pilihan saya jatuh pada produk mamaway, mothercare, h&m, emeno.. Saya paling suka dari mamaway.. Pilihan baju yang elegan, nyaman terutama untuk saya yang masih aktif bekerja hingga detik terakhir. Untuk saya baju-baju ini cukup mahal ya.. Tapi sepadan kok.. Untuk pemilihan bra, saya pilih dari mamaway dan mothercare.. Selain mudah, kualitas bagus dan yang pasti bisa delivery.. Wkwkwwkk...



Ketiga, korset..
Pilihan jatuh padabelly bandit BFF!!! Yeay! Saya ingat 3 tahun lalu, saya menyesal tidak rutin menggunakan korset sehingga badan agak sedikit..hmm..seperti kue lapis.. Padahal saya sudha mengetahui tentang belly bandit itu.. Dengan semangat 45, kali ini saya siap untuk menggunakan secara rutin korset tersebut.. Merogoh kocek yang cukuplah, 1 juta lebih untuk sebuah korset. Semoga badan saya kembali baik.. Kalo bisa beli dua ukuran ya, siapa tau badan kita bisa mengecil dengan cepat.. Dan konsisten dalam menggunakan korset. Saya mulai menggunakan korset sejak keluar dr ruang operasi. Cukup mengurangi rasa nyeri akibat operasi (fyi, kedua persalinan saya melalui operasi). 

Keempat, tips menyusui..
Saya bersyukur dimana saya diberikan karunia asi yang cukup.. Dalam hari kedua sesudah operasi, saya mulai bisa mencicil memompa kelebihan asi.. Hanya dalam waktu 7 hari sejak melahirkan saya bisa mengumpulkan 16 botol asi dengan isi 100-120 cc. (Saat ini usia si kecil 7 hari).. Saya sungguh amat bersyukur.. Lalu, bagaimana bisa seperti itu? Caranya adalah:
- be positive
Otak adalah bagian tubuh yang luar biasa.. Ketika kita berfikir positif, tidak banyak ketakutan, merasa diri mampu menyusui anak hingga saatnya 2 tahun, maka otak akan mewujudkannya.. Perasaan tenang dan support keluarga sangat diperlukan.. Ibu baru melahirkan membutuhkan istirahat yang cukup, makan bergizi dan support sistem yang baik bahwa ia tidak sendirian..
- makan makanan bergizi
Makanan yang kaya akan protein sangat dianjurkan. Sop, sayur, ikan menjadi santapan saya tiap harinya dengan bumbu "penambah asi" buatan mertua.. Sekedar cerita, saat saya masih di rumah sakit, mertua saya menyediakan sop dan kuahnya sebanyak 1,5 liter yang saya habiskan bagai meminum air. Ahaha.. 
- tetap menyusui
Kapanpun bayi saya merengek kehausan, saya akan segera menyodorkan payudara.. Dan saat dia sudah kekenyangan, saya akan memompa sisanya. Biasanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk membuat si kecil kehausan kembali. Payudara yang sudah disusui tidak akan nyeri ketika dipompa bila dibandingkan dengan pompa asi tanpa pernah si kecil menyusui langsung dari payudara kita. Untuk pemilihan pompa asi, pilihan saya jatuh pada swing medela. Itu adalah pompa asi yang telah saya gunakan sejak jaman kakaknya 3 tahun yang lalu.. Yah, beruntunglah soalnya skrg kalo beli lagi harganya 2,9 juta hahaha... (Hemat, ibu-ibu).. Dan setelah menyusui, tidak lupa saya meminum air hangat dan makan makanan kecil..ga usah takut gendut, nanti jg kurus sendiri..
- suplemen
Saya sangat setia dengan mama soya dan milmor (bukan milmor NF).. Sejak anak pertama, saya mengkonsumsi dua buah suplemen ini.. It works for me, mom.. Yah, cobain juga teh dari mother's milk.. Tappiii, asupan gizi dr makanan sih yang paling penting plus pikiran yang sehat.. 

Kelima, perawatan paska melahirkan.. 
Beberapa pilihan pemijatan paska melahirkan memang menjadi pilihan.. Kebayang aja, badan kita pegel karena lelah plus terjaga malam hari krn si kecil minta mimi.. Tentu akan membuat badan kurang fit. Dibawah ini terdapat info yang mungkin berguna dan menjadi pilihan, silahkan dilirik ibu-ibu.. Semoga badannya tetap fit yaaa....


Yup, itu adalah sedikit cerita saya tentang persalinan dan teman-temannya.. Remember, stay healthy.. Karena kalau kita sehat, maka si kecil juga sehat.. Happy breastfeeding, mom...


Dan kado terindah dari Tuhan adalah melihat duo krucil ini saling menjaga satu sama lain..


God bless...



Comments

My Other Celotehan