tips cantik buat bumil

Helowwww....
Sedikit cerita dibalik postingan ini.. Dua kehamilan gw punya cerita berbeda. Anak pertama hamil, muka kaya gorila (karena gw masih sekolah saat itu) dimana waktu untuk memperhatikan diri sendiri adalah hil yang mustahal. Satu-satunya kebahagiaan gw adalah TIDUR. Ngurusin muka adalah hal yang tidak pernah terlintas di kepala gw walau muka itu letaknya di kepala. Nyambung kaga? BODO amat, ahahaha.. Bedaa sama kehamilan kedua dimana gw posisinya sudah bekerja dengan waktu yang bisa gw atur sendiri. Dan yang akan gw share disini adalah skincare selama kehamilan gw.

Awal-awal kehamilan, gw ga ada masalah dengan yang namanya wajah. Muka mulus kek pantat bayi. dan tak ada jerawat yang berani bertengger di muka gw. Tapi yang namanya punya anak laki itu seringnya muka "bermasalah" (karena konon katanya kecakepannya diserap anaknya, dan gw aminin sekenceng mungkin). tapi hanya pada trimester kedua doang muka gw bermasalah, trimester ketiga udah kalem. Fix ini mah karena hormonal. OK, mari kita intip skincare yang gw pake sepanjang kehamilan gw..

Sepanjang kehamilan, gw usahakan semuanya natural, paraben free, no retinoid, minimal produk yang mengandung alkohol dan yang pasti banyak minum air putih. Kebayang ga, setiap malam gw bisa bolak balik ke minum itu nyampe 5-7 kali. Malem doang.. What's wrong with me? Kaga ngarti, pokoknya hobinya minum air putih. And it works so damn gewdd😁

Ritual sih sebenernya sama aja, double cleansing is a MUST. Jujur, pas hamil itu sih beberapa produk yg gw pake agak sedikit "lumayan" dalam sisi harga. First cleanser pake MAC cleanse off oil kecintaan gw, lanjut sama pembersih wajah dari Sukin. Beberapa dari lo mungkin dah familiar dengan brand ini yang memang meengusung ide natural, so it wont harm at all. Beberapa literatur yang gw baca sih katanya sebenernya penggunaan asam salisilat dalam pembersih wajah itu aman dipakai karena berinteraksi dengan kulit sebentar (which is around 2 mins) jadi ga akan terserap juga dan langsung dibilas. But, it depends on you juga sih. Kalo ngerasa ga pede ya udah jangan dipake.

Setelah itu biasanya tetep gw bersihin pake bioderma yang sensitif. Barulah pemakaian SK II FTE. Dan dilanjutkan moisturizer si Clinique. Untuk malam, jujur gw hanya pakai FTE dan serumnya dari lancome advanced genifique. Untuk mask, pilihan jatuh pada freeman yang black sugar and charcoal. Efek instannya lumayin cyinnn.. Well... Lo mau expect berubah dari dalam gitu dari sebuah masker? ehehhe.. Soo simple, kan? Soalnya kehamilan gw ini selalu tergolong kehamilan kebo kata orang-orang dimana kaga ade namanya mual muntah, dan hobinya molorrrr kaya kebo. Hobi gw cuman dua pas hamil, molor dan minum aer putih. Mulus benerrrr wajah gw di trimester pertama.. Tapi, hidup ini emang ga pernah flat.. Masalah muncul..

Bermasalah jerawat saat kehamilan itu ngeri-ngeri sedap rempongnya. Awalnya gw menanggapinya biasa aja. Tapi kok jerawat makin kurang ajar dan penuhhh semuka-muka. well, gw kaga ngarti kenapa. Hormonal kah? Stress kah? Karena gw kaga ganti ritual gw satupun. Jadi bukan karena reaksi skincare or makeup. Atau.. Karena ga dijamah suamik yang baru pulang pas si anak dalam perut dah usia 1 minggu?😝😝😝😝 (fyi, lakik ane setelah menanam benih langsung caw dan kaga nemenin gw lahiran, doski baru bisa balik indo 1 minggu post lahiran, emang terlalu lakik aneπŸ˜‚). OK, back ke jerawat. Stres dong.. Gw konsul ke beberapa temen gw yang dpesialis kulit kelamin dan gw memutuskan untuk pake clindamycin cream, cream yahh bukan diminum. Gw kaga mau intake apapun dari dalam untuk jerawat. Berhubung gw dah ga tahan, akhirnya gw memutuskan untuk facial di er*a. Dua kali gw facial. Selain itu, gw kembali mengingat masa lampau dimana gw kalo pake FTE di jerawat bisa ngilangin jerawat dan itu aman buat bumil, makanya gw pakeinlah FTE ini si spot-spotnya berulang-ulang. Pola makan yang ga pedes, kurangi sugar dan tetap minum yang banyak. And it works, slowly but sure, mulai ilang tuh si jerawat kurang ajar..Kalo dah dilewatin sih kayanya enak ya.. Tapi pas kemarenan ngejalaninnya.. Beurh.. ampunnnn...

Ok, hope it helps ya mom.. Sedikit highlight dalam postingan ini adalah bahwa selama kehamilan, just follow your heart.. Kalo kamu adalah penganut garis keras semua natural ya monggooo.. Apa yang buat kamu nyaman aja, ada beberapa bumil yang bahkan masih berani menggunakan retinoid dan mengklaim baik2 saja. Yah, memang penetrasinya ke dalam sedikit tapi sebaiknya konsultasikanlah apa yang ga boleh menurut doktermu, turutin aja..
Point kedua, buatlah sesimple yang lo bisa karena biasanya ibu hamil itu memang pasti akan "bersinar". Ok, happy pregnancy bumil...

My Other Celotehan