10 step skincare? are you sure?


Berhubung karena usia yang ga bisa dibilang muda (walau bodi masih kaya anak SMA..) Gw sadar kalo gw udah harus mulai setia sama rutinitas pemakaian skinker eheehehe..

Beberapa bahan gw pelajari dan menganalisa kebutuhan sesuai kulit gw dengan berbagai macam metode (ntah itu test di beberapa counter brand atau ke klinik). Gw juga membekali diri dengan beberapa bacaan dan review (tentunya) dan memutuskan untuk menggunakan beberapa layer ke muka gw. Gw coba perhatikan dengan seksama. Beberapa produk yang gw pakai memang produk andalan tapi ga sedikit juga yang uji coba. Alhasil, NOTHING. Ga breakout tapi sama sekali ga menunjukkan perubahan. Muka gw bisa toleransi bahkan terhadap  the ordinary yg BHA dan AHA dengan konsentrasi yang cukup tinggi (secara muka gw dah kebal karena bertahun-tahun dijejali dengan chemical peeling). Sampe setiap step paula's choice gw ikutin. But, I found that nothing is working for me. Apa gw yang salah? Apa gw udah kebal? OK, I'll wait sampe itu bekerja. 1 bulan berlalu, 2 bulan berlalu, sampe akhirnya kesel sendiri dan ga mau pake apapun kalo malem kecuali SKII FTE...

Sampe di malam tahun baru kemaren gw mendapatkan ilham. Kenapa juga gw harus numpuk-numpuk skinker? Akhirnya gw mencoba metode baru di tahun yang baru ini. Gw mencoba menyederhanakan semua. Kalo gw mau exfoliate, gw hanya pake exfoliate thing. Kalo gw mau hidrasi maka hanya serum and oil yang akan gw pakai.

Pertama kali mencoba adalah mengatasi masalah kelembaban aka hidrasi. Gw mau hidrasi karena gw merasa agak kering di beberapa spot. Ritual yang gw lakuin itu..
1) Double cleansing pas malam (karena sepanjang hari gw pake makeup), pertama dengan heimish cleansing balm kemudian face wash dan diikuti sama avene micellar lotion. Sedikit review tentang avene micellar lotion ini.. Sekarang kecintaan gw itu avene karena jujur yah, wanginya lembut dan gw merasa langsung lembab gt. Bener-bener berbeda sama micellar yang lainnya. Kaya langsung meresap dan hasilnya langsung lembut banget kulit gw. You should try this one kalo lo mencari micellar yang sekalian memberikan hidrasi. Ok, back tentang my night routine.
2) Setelah semua bersih, tentu gw memakai SKII FTE (kecintaan gw bertahun-tahun dan botol terakhir ini yang sampe setaon ga abis2, so worth the money, dear).
3) green tea seed serum innisfree. Leave it a couple of minutes before I apply another step
4) last step pake fresh and herb dari natural pasific. butt.. I mixed it with 3 drops of rosehip oil from trilogy. and I'm done
Sekilas di balik cerita last step ini.. Dulu gw pake benzoil peroside yang notabene bikin muka gw discolor (agak "gosong") di beberapa tempat kaya pipi, dan gw merasa bahwa rosehip oil ini akan membantu menghilangkannya (bahkan gw juga pake untuk strechmark di perut gw). Tapiiii nunggu si fresh and herb ini terserap kelamaan. Dan akhirnya gw berinisiatif untuk menggabungkannya. Sotoy banget ga sih gw? Hasilnya? Besokannya muka gw lembut, tampak cerah dan glowing sehat (kaga ada kering kerontang). Yes, eksperimen gw berhasil!!

Dalam beberapa waktu, gw kalo lagi pengen exfoliate atau membutuhkan anti aging, gw akan menyederhanakan step skincare gw.
Step 1 dan 2 idem
3) pakai paula's choice 2% BHA SAJA
atau
paula's choice 1% retinol treatment SAJA

Bener deh, hasilnya beda jauh dengan gw campur-campur, ada exfoliate, moisturizer and the bla bla bla... Semacam mencampur adukkan hati yang rapuh, jadi kulitku tak kuat menahannya, biar kulitmu saja (dilan mode on๐Ÿ˜‰). Dengan cara sederhana, kulitku mencintainya.. ;D

Jadi, buat kalian yang sudah melakukan 1000 cara skincare dan belum menemukan jalan kebenaran dan hidup, gw saranin coba dulu cara gw. Kalo ga ngefek juga, ganti muke aje lo dah.. ahahaha.. Yah, gw mah pan cuman sharing coz I care.. Siapa tauuu ada yang sejalan dan sefrekuensi dengan muka gw yang anti lapis legit skincare. Ok, eike mau maskeran dulu.. Ntar ane ripiuw masker paporit ane.. see you on my next post dear!!!


My Other Celotehan