Double cleansing #CantikGaHarusMahal



Pengalaman bertahun-tahun ke dokter kulit akan menjadi kenangan yang ga bakalan gw ulangi lagi. Kenapa? Karena gw udah mendapatkan kunci yang cukup jitu untuk menghadapi masalah kulit gw. Gw rasa semua cewe setuju bahwa kita tuh perlu dan penting banget yang namanya double cleansing. Yup, dengan double cleansing dan ritual skincare yang religiously gw lakuin, rasanya gw akan skip ke dokter kulit. It doesn't mean muka bebas dari pimple sih but not as worse as before..

Double cleansing yang menurut gw paling efektif itu adalah dengan oil based. Cleansing oil is the best. Awal jatuh cinta dari MAC cleanse off oil bertahun-tahun lalu. Tapi setelah gw perhatiin dan mencoba dari shu uemura, mac, sampe body shop, but to be honest.. gw ga ngerasa ada perbedaan signifikan merk2 itu sama olive oil or coconut oil yang harganya jauhh lebih murah. Secara dipake cumen dikit doang. Perbedaannya hanya konsistensi, wangi dan after feeling. Harus diakui kalo abis pake coconut or olive jadi agak minyakan, ya ealah..😋. Tapi kalo diliat dari fungsinya untuk bersihin dan me"luntur"kan makeup, sebelas duabelas deh antara yang mahal sama murah.. Tapi sebagai catatan, dari beberapa yg gw baca, ada juga yg ga cocok sama coconut oil atau olive oil. Tapi buat gw mah cocok-cocok aja.

Pernah juga pake cleansing milk. Yang gw pake itu dari soap & glory dimana tubenya guede mampus dan ga habis-habis. Sempet depresi gegara kaga abis-abis. Tapi buat gw, kekuatan menghapus makeupnya ga sedahsyat cleansing oil. Dan beberapa kali selalu menyisakan sisa-sisa makeup disana sini. Berhubung karena isinya banyakkk jadi ga gitu ngerasa rugi. Gw mah anaknya perhitungan banget. Lembut teksturnya, terutama buat kamu yang males dengan oil. Katanya sih kalo kulitnya cenderung kering lebih baik pake cleansing milk. Kekurangannya ya itu.. Ga seefisien cleansing oil.

Favorit yang baruuu aja gw temuin dalam setengah tahun belakangan ini adalah cleansing balm heimish.. (bukan hamish daudnya raissa karena gw ga tertarik muka blasteran. Saya mah sukanya lakik dengan muka NKRI harga mati!! Wkwkwkwk..😆) Pakenya dikit, gosok dengan gerakan memutar ke arah atas (kaya massage gt krn gw sekalian merilekskan wajah serta meremajakan kulit ahahayy) dan gw sih biasanya basuh dengan air bukan dengan washlap, tissue pembersih, cleansing cloth, sponge dan sebangsanya. Kenapa? Pertama, gw ga pengen terlalu meng-iritasi- wajah, kedua setelah ini akan ada tahapan pembersihan lain dengan menggunakan facial wash yang notabene akan mengikis minyak di muka yang ujungnya takutnya malahan nambah masalah.. Jadi, cukup basuh dengan air dan tangan.. hoalaaa.. Bersihhh!! Dan satu lagi yang bikin seneng, yaitu budget friendly. Jar besar dengan pemakaian yang ga perlu banyak-banyak kecuali muke lo sebesar lapangan bola, baru deh lo pake banyak-banyak.. wkwkwk.. dont waste money krn dikit aje dah luluh lantak tu makeup! Masih ingat dengan prinsip ekonomi? Pengeluaran sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.. Gunakan prinsip itu...😅

Setelah first cleanser, second cleanser yang gw pake itu adalah face wash.Tips gw cuman atu je.. Jangan termakan merk! Beneran deh.. Yang terpenting adalah gunanya sebagai pembersih tambahan karena segala makeup sudah luntur dan rontok sama cleanser pertama yang oil based. Pakai merk apapun yang cocok buat lo. Ga perlu yang ada eksfoliator atau pake butiran-butiran ajaib gt krn malah terlalu abrasive ya jeng.. Produk lokal yang gw suka itu bless face wash yang acne series. Duluuuu banget jaman masih anak piyik, gw pertama kali nyoba si bless ini, wanginya enak. Sekarang wanginya beda, jadi sedih karena dl banget jaman masih SMP pake ini. You know, you never forget your first love? Jadi punya semacam chemistry sama cleanser ini. Gw juga suka sama si kojiesan men facial wash, yang bentuknya tube, bukan yang sabun batangan ya... Ini punya efek brightening ya.. Lumayan, wajah jadi kinclong seger gitu. Kalo muka lagi makeup tebel, biasanya pake clarisonis. Pilihan face washnya itu ya bless, kojiesan men facial wash atau si purity phylosophi. Cuman, gw ga gitu suka sama si philosophi ini, overrated banget buat gw. Memang ga ada busa, so amanlah ya.. But somehow kayanya ga gitu guna buat face wash. Muka kaya masih banyak banget sisa makeup gitu di gw. Plus, kmrn karena napsu liat review, beli sekaligus yang gede. Sampe skrg ga abis-abis padahal harganya ga murah kan? Gw pernah tuh beli ceramic slip karena keselip sama review tapiiii gw tetep jatuh cintaa sama si kojiesan. Akhirnya gw pake banyak2 si ceramic slip supaya cepet abis. Kesimpulan: jangan termakan review, kalo keimanan ga kuat, mensing beli share jar atau travel size. Buttt kalo lo udah klop sama 1 hal, ga perlu ganti hati hanya gegara liat review! Lesson learned!! Murah itu ga murahan cuy!!



Setelah double cleansing, biasanya kasih toner. Nah thayers tuh paling juara buat gw, ngalahin pixi dah.. Pixi mengklaim bisa mencerahkan, melembakan bla bla bla yangggg ternyata sodara-sodara bisa dilakukan sama si thayers ini dengan harga yang terjangkau. Nah, kalo suka produk korea yang lebih melembabkan.... pilih beauty water dari song & park. Karena lebih melembabkan dibanding sama thayers, karena pernah gw pake pagi,,, siangnya agak terlalu oily muka gw. Jadi gw memilih thayers buat pagi dan beauty water untuk malem. And it rocks!!

Ok, sekian pembahasannya.. Nantikan postingan-postingan lainnya yaa... Ingat, cantik ga harus mahal.. Asal tau produk yang cocok, stick with it! Anak jaman now sih biasanya kemakan sama gengsi kalo pake barang-barang mahal. Buat gw yang udah cari makan sendiri, nyoba dari barang mahal sampe murah, tetep berprinsip.. Ga perlu ikutin segala gaya hidup elite para beauty influencer itu karena mereka memang dipakai untuk promosi barang-barang brand itu. Suka kasihan dan heran dengan newbie2 yang berbondong-bondong maksain buat beli ini itu hanya gegara postingan mereka.. Ternyata beli perlenongan itu masih "nenen" a.k.a minta ortu atau suami. Buat gw, it's a big NO!!! See you!!

My Other Celotehan