Picky eater

Hmm..... Pasti ga sedikit para ibu yg ngalamin anak susah makan.. Pilih-pilih makanan.. Usia dimana dia mulai eksplorasi lingkungannya, berlari kesana kemari kadang merupakan masa sulit untuk membuat si anak makan.. Saya juga mengalami hal yang serupa.. Dan saya belajar dari pengalaman..



Setelah dipikir, kunci sukses anak makan ada beberapa hal..

1. Sabar..
Jikalau anda pernah berada dalam masa keemasan dimana si anak melahap apa saja makanan yg kita sajikan, pasti sulit untuk berhadapan dengan anak dua tahun.. Dulu, si unyu itu gampaaannnnngggg sekali diberi makanan. Semua makanan lahap dan langsung ditelan.. Tapi kini?? Beuh, jikalau dia menghabiskan makanannya, rasanya saya telah memenangkan pertandingan besar! Dia bergeser kesana kemari, tidak mau diam.. Jadi, sabaaarrrrr sajaaaa... Lebih bagus lagi kalau kita bisa membiasakan anak makan di meja makan setiap harinya, tanpa menakut2i si kecil dan tanpa tv.. Tapi saya tahu, setiap ibu pasti memiliki cara tersendiri..


2. Be a smart mom..
Tiap anak memiliki ciri khasnya sendiri.. Kita ga usah memaksakan kehendak.. Ikuti saja maunya, asalkan tetap berada di jalur yg tepat. Maksudnya begini.. Anak saya itu berbeda dibandingkan anak lain.. Jika anak lain suka kuah, sop dll.. Anak saya suka makanan yg kering-kering.. Dia suka kecap.. Dan dia tipikal makanan yg berganti2.. Sehari harus berganti-ganti menunya.. Nah, perhatikan tipe anak kita.. Ga usah paksain makanan apa yg kita mau. Misalnya, anak saya bisa makan sayur, tapi  harus dipegang sendiri.. Tidak bisa dicampur dalam nasinya. Dan pola makan anak saya mirip ayahnya..(pdhl setaun sekali ketemu bapaknya, hihi).. Jadi, saya suka bertanya pada suami saya apa yg dia suka.. Be a smart mom, perhatikan apa yang dia suka..

3. Libatkan si anak
Walau dia masih kecil, tapi dia memiliki hak.. Saya sering bertanya padanya, mau makan apa? Atau, jangan sungkan untuk mengajak anak ikut andil dalam proses memasak.. Mungkin dia kocok telur, bersihkan sayur atau pura2 mengulek bumbu.. Si anak merasa senang.. Kadang di akhir minggu, kami suka membuat snack buatan dia.. Berantakan? Pastinya.. Tapi itu bagian dr bermain dan dia merasa dia dibutuhkan..


4. Kreatif
Sudah bukan merupakan rahasia lagi para ibu berjuang membuat bentuk2 makanan yg lucu, bento2 yg bentuknya macam2.. Anak saya suka bentuk mobil2an, beruang atau kelinci.. Jadi, buatlah makanan yg menarik perhatiannya.. Itu juga akan membantu makan si anak..


5. Jangan memaksa
Sebagai orang tua, terkadang kita cenderung memaksa si anak makan.. Takut kurang gizi, takut kelaparan atau apapun.. Namun dengan memaksa akan membuat si anak tambah menolak.. Biarkan jika dia tidak mau.. Tanyakan kenapa tidak mau makan.. Kadang anak saya minta ganti menu makanan dan saya harus masak yg baru.. Alasannya karena dia tidak mau wortelnya dicampur, atau ada tomat. Tanyakan pada si kecil.. Buat pilihannya menjadi bagian dari pilihan kita juga.. Toh anak kalo lapar akan merengek juga akhirnya.. Jika memang dia sedang benar2 tidak mau makan, dapat diganti dengan mie, crackers, sereal susu, spageti.. Tetap, tidak perlu memaksa jika si kecil tidak mau makan..

Saya hanya berbagi pengalaman.. Semoga bermanfaat untuk ibu2 yg sedang berhadapan dengan picky eater... Good luck, mom...

Comments

My Other Celotehan