#DietPakeOtak

Jadi gini..
Berhubung karena gw turun 20 kilo, banyak yang nanya bagaimana caranya. Cumannn, eike itu susah untuk ketak ketik, ngurus anak sendirian, kerja, ngerjain semua sendirian jadi yah harap maklum kalo postingan cara turun berat badannya ketunda. Tapiiii.. sebelum gw cerita tentang perjalanan gw, ada baiknya kalian ambil snack, minuman karena postingan ini akan sangat menyebalkan membutuhkan makanan waktu😋..


Kenapa gw bikin hastag #dietpakeotak? karena mayoritas manusia itu maunya instan, mau cepet, copi paste apa yang orang lain lakukan plek plekan, trus ujung2nya bilang "gw ga berhasil", atau dengan sotoynya berhasil turunin berat dengan cara ekstrim gila yang ga masuk akal. ok, situ kurus, tapi apa situ sehat?? jangan istilah orang sunda sih "tuturut munding" aka tukang ngekor, lo harus tau badan lo dulu. kenali badan lo, tau kebutuhan dan aktifitas, personality lo sendiri. Kalo lo sendiri orangnya manja, mlintat mlintut atau bahkan tipe si kurang ajar yg udah BMI normal masih pengen kaya si model Victoria Secret, gw bilang mending ga usah dibaca...  oh ya.. Kaga bakel ada endorsement dimari ya mak... Gw posting buat manusia yang mau sama2 susah dan pake otaknya.

Cerita ini dimulai sekitar tahun 2017 dimana laki gw balik ke Indo. Berhubung di england sono dia hidup menderita, makanan yang itu2 aje jadilah pas balik Indo dia kerjanya ngajakin bininya ini makan. Bahkan pernah tuh seminggu full kami makan seafood aka kepiting and the gank, travelling semua resto seafood dari ujung ke ujung sampe akhirnya kami eneg sendiri sama yang namanya kepiting. Nah abis itu berlanjut dah tuh.. Apalagi sekarang ada go food kan yah dimana tinggal duduk manis trus datang deh makanannya... Sontak ane ma lakik ane pelan tapi pasti naik beratnya.. Waktu itu sih gw post partum, jadi merasa pembenaran juga makan banyak demi ASI yang memang penuh banget sampe banjir dan sampe ASI dipake mandi gegara 2 kulkas khusus buat ASI dah ga cukup lagi..

Perubahan signifikan dari lakik gw yang awalnya beratnya cuman 47 melonjak sampe 72 kilogram. Fyi, laki gw kaga pernah gendut yaaa.. Gw sendiri tetap di angka 70, bahkan penah 72. Setelah itu, gw mulai sadar kalo baju gw dah pada ga cukup dan bahkan pernah gw mau beli jeans di Levis kaga ada yang muat.. Sedih banget, sampe gw selalu beli baju di tempat ibu hamil.. Gw jadi gampang capek, ngantuk terus, sesek.. Dan yang pasti ga enak diliat. Dibilang lontong bukan, galon bukan, mungkin lebih mirip gentong.. Pernah tuh gw curhat ma lakik, dia bilang dengan santainya.. "Ah, kalo dah ibu2 beranak dua sih mana bisa kurus".. Padahal dia iseng doang ngomongnya.. Tapi... Gw inget terus perkataan itu dan gw orangnya kalo ditantang begono malahan jadi ngotot.. And the story begin...

Langkah awal gw waktu itu adalah coba eat clean dan ikut 20 fit... Gw bener2 strick pesen alpuket ke Jakarta dan Lampung buat asupan alpuket yang gw campur sama oatmeal, mangga, granola dan semacamnya.. Protein dapet dari daging, telor. Waktu itu rada susah nyari granola dan oatmeal yang ga instan jadi kudu ambil di Singapore.. Dan gw bener2 patuh tiap siang jam 12 selalu ke 20 fit buat olga.. Turun? yah lumayanlah, sampe nyentuh 65 kilo and stuck there..

Gw ngerti banget kalo otak tuh pinter luar biasa dan daya adaptasinya canggih.. Jadi gw merubah pola diet gw. Gw coba pake herbalife..  Ambil paket 2 jutaan kalo ga salah. Ga mau jadi member juga karena bosan dihubungi terus dan berasa diteror.. Jadi sarapan itu shake, makan siang makan biasa, disini memang gw bebaskan yah makannya, malamnya shake juga. Ada juga suplemen macem aloe vera, kapsul serat (gw lupa apaan), trus mixed fiber, protein (PPP), cell U loss, tea.. Pokoknya ikutin aja gimana caranya, biasanya sih gw campur si shake coklat sama mixed fiber.. Itu yang paling enak rasanya menurut gw.. Tapi gw tetap EAT CLEAN yaaa... Pertanyaan selanjutnya, pas konsumsi itu masih olga ga? Well, dude.. Intake gw mau sekecil apapun kalo ga dibarengi sama olga mah kaga bakal okik keleuss.. Berhubung karena olga di 20 fit gw ngerasa kurang nampol dengan harga yang lumayan mihil untuk 20 menit doang, jadi gw beralih dengan kardio aka lari.. Murah meriah cin.. Awalnya cuman lari dari rumah ke mall bolak balik kurang lebih 3 kilo kemudian pelan-pelan makin jauh menjadi rumah ke RS A (5kilo) dan lanjut RS B (another 5 kilo) untuk visit pasien pas hari minggu, pulangnya? ngojekkkk.. kan dah 10 kilo cin.. Gw juga hobby banget yang namanya nyobain berbagai hotel.. Setiap ke hotel gw biasanya berenang minimal 15 bolak balik (30 putaran) atau kalo diitung sih kurang lebih 1,5 jam nonstop yah... Turun? Yup, mentok di 60 dan stuck..

Setelah mencapai 60, gw ubah lagi pola gw karena otak gw sudah mulai terbiasa dengan polanya. Jadi kaya alarm gitu dimana gw sadar gw harus manipuilasi otak ini dengan pola makan gw. Disini gw berkenalan dengan yang namanya suplemen diet. Ga gw pungkiri, gw cobain beberapa macam teh diet yang dapat gw simpulkan sebagai berikut.. Mereka itu laxative (buat pup), diuretik (bikin pipis), stimulan (kadang bikin berdebar) atau detox.. Gw coba beberapa produk, you name it.. Pertama, boot tea. Produk ini produk pertama yang gw coba, produk asal UK yang muahal boo.. gw beli 28 hari dengan harga di atas 1 juta, yang ngepek turunin 3 kilo di 14 hari pertama.. sisanya? ga ngepek😅 jadi mikir, mending gw pesen yang 14 hari aja ya.. lebih murah pulak.. Trus karena kemakan endorse-an dimana si influencer pake suplemen tertentu jadi pup (gw waktu itu susah pup), jadilah beli yang namanya teatox&co. Judulnya untuk detox dan di gw ga ada efek laxative sama sekali dan ga ngefek dengan berat badan..yaa cuman rasa yang enak. repurchase? hmm, enggak keknya.. trus ada juga night time diet tea yang produk jepang hits itu.. sampe nitip teman yang ke Jepang.. Efeknya laxative.. Di gw baru ngefek setelah 1 jam diseduh, wkwkwk.. itupun karena ga sengaja kelupaan minum (ditulisannya sih diseduh 20 menit doang.. tapi di gw kl 20 menit, kaga ngefek apapun). Setelah itu gw berenti sampe disitu. Capek aja. Total sih turun sampe 55 kilogram total semua ini. Ga lupa EAT CLEANN.... Olga? Masih buk.. cuman ya sekedar lari aja di treadmil siang bolong diantara jam praktek. Gw ambil paket 1 tahun di gym. Setelah olga, gw rutin sauna.. Seger banget...

Sempet ngerasa bingung juga karena berenti aja gitu di angka 55 yang menurut gw lumayan sih.. tapii badan yang ga banget deh. OK, angka memang 55 tapi bentuk tubuh kaga bagus.. berhubung karena pas hamil sempat mencapai 87 kilo, jadilah ngembang kemana2. Disini gw coba searching lebih lagi. Dan fokus gw bukan di angka lagi (walau tetep liat angka di timbangan), tapi gw juga perhatikan komposisi tubuh, lingkar2 dan yang pasti kebugaran gw.. Saat ini gw kenal sama yang namanya apple cider vinegar, cayenne, intermitten fasting, hitung kalori.  Bermula karena gw single mom yang kaga punya ART, jadi tiap pagi gw harus siapkan mandi, makan anak2, bekal, ngasi makan dan harus sudah sampe sekolah jam 1/2 8 (all kids). Alhasil, selalu skip sarapan yang setelah gw tau itu namanya intermitten fasting.. Tiap pagi minum apple cider vinegar sama lemon dan cayenne dalam air 250cc.. Tiap hari gw minum minimal konsumsi 3 liter per hari. dari pagi sampe jam 12 siang gw selalu konsumsi air 1,5 liter. Jadi jangan heran kalo di laci praktek gw buanyak banget botol minum 1,5 liter.. Sisanya diminum dari jam 12 sampe malam (minimal 1,5 liter lagi).. Untuk makanan.. Gw pake catering dimana ada 2 menu. 1 menu isinya nasi merah, ayam, telor, sayur ganti2. Dalam 1 sajian ini biasanya 450-500 kalori. Dan 1 lagi salad yang mayoritas isinya wortel, timun, daging, jagung gonta ganti dengan range kalori 250-300 kalori. Sisanya biasanya gw pesen salad buah atau bebaskan.. Jadi bohong kl gw ga makan yaaa.. Gw tetep makan, ada karbo, protein dan lemak yg cukup.. Jadi emg ga ngasal.. Remember.. EAT CLEAN.. ga pake asal yaa..
Untuk olga, ada sedikit cerita.. Waktu itu suamik pernah beli 1 set angkat beban. Gw awalnya ga mau beli tapi pas gw bilang mahal, mukanya sedih banget..😢 Gw ga tega ya udahlah beli.. taunyaaa.. cuma bertahan 2 minggu aja dipake ma die.. Setelah dia si pemalas yang cuma bisa beli, akhirnya gw aja yang pake..  Jadi biasanya gw treadmill dan sauna di gym siang hari diantara jam praktek trus di rumah angkat beban pas bocah2 bobok.. Alhasil, gw kaget pas nyampe angka 50 kilo dengan perut agak rata (massa otot dan lemak yg lumayan)... Dan sekarang bertahan di angka segitu..

Kesimpulannya..
Lo liat ga, kalo gw ga pake 1 metode yang sama ditiap jurney penurunan berat gw, tapi ada 1 kesamaan dalam setiap penurunan berat gw, itu adalah olahraga!! Gw kasih tau ya.. Lo cuman minum starbucks itu 250-300 bahkan 400 kalori dimana kalo lo harus bakar tu stabucks artinya lo harus lari dengan pace 6 kurleb 1/2 jam cin.. Itu cuman starbucks. belon sarapan lo, makan siang dan makan malem.. Kenali jenis aktivitas lo, itung kalori yang lo asup, bakar!! Paling males kalo pasien ngoceh "saya udah nyuci baju, beres2 masa butuh olah raga lagi?" Ya elah, gw cuci baju, setrika, ngepel, ngurus anak sendiri ga menganggap itu olahraga.. Trus ada juga yang bilang, saya sibuk, saya kerja, ini itu.. Gw kasih tau ya dude, gw ibu beranak 2, single mom, ngurus semua sendiri dan praktek di 2 tempat bolak balik. Tapi gw usahain tetap bisa olahraga. Kenapa? Karena gw mau sehat, anak gw masih kecil2, kalo gw ga sakit atau ga ada, siapa yang mau urus mereka? Jadikan sehat itu prioritas!! Ga usah banyak bacot kalo kerja cuman duduk, meeting, atau dengerin dosen sambil ngemil. Cuman kepoin instagram selebgram atau onlineshop, liat akun gosip yang ga berguna aja lo punya waktu, masa ga ada waktu buat olga? Gw aja siang diantara jam praktek antara 2 rumah sakit masih sempet tuh.. malem pas mereka bobo masih angkat beban.. Jadi ga usah ngimpi mau kurus tapi ga ada usaha!! It's bullshit you know...

Ga ada yang instan!! Gw butuh waktu 1 tahun buat turunin 20 kilo. Ga ekstrim dan pelan-pelan.. In a healthy way.. Ga ada cerita gw jatuh sakit, dirawat, maag kambuh.. I'm doing in a right way and be patient.. Happy for every single thing I've done.. Gw ga ada target harus turun sekian dalam waktu sekian.. NO!! Trus udah gitu yah, gw juga sangat mengenali diri gw, gw tau, kalo gw dah makan makan yah tinggal bakar aja. As simple as that dan ga lebay!!

Konsisten!!
Sabar dan konsisten adalah kunci.. Gw aja bangga sama diri gw yang dulu begitu gigihnya siang pulang ke rumah masak wortel dan telor tanpa garam plus makan alpukat, daging saos and konsisten makan kaya gitu selama beberapa bulan.. Well, hasil ga pernah boong sama konsistennya kita.. Jangan jadi manusia gampangan. Lo mau kurus, ya usaha dan kuat iman!! Mimpi sama kenyataan dibuat seiring dan teguhlah dalam pendirian..

Pake OTAK
Ini yang paling penting.. Ga usah kemakan buaian minum jus kurus, plum, teh ini, suplemen ini itu. Intinya ya kalori masuk lebih kecil dari kalori keluar.. Be realistic!! Otak dipake buat cari tahu bagaimana cara yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan lo.. Jangan percaya sama omongan 1 orang dengan metode diet mayo, keto, GM, militer, atkins bla bla.. Pernah gw coba ikut sama salah satu katering yang bilang diet mayo, y*ungkitc*en dimana setelah gw itung itu hanya 500 kalori per hari. Sumpah, gw kelaperan mampus.. Ga masuk akal gw cuman makan 500 kalori seharian. Jadi pake otak, jangan kemakan testimonial orang.. Dulu pas gw kuliah gizi, ga ada 1 metode dietpun yang baik dilakukan kalo kekurangan salah satu komponen entah itu karbo, protein, lemak atau mineral.. jadi dietlah dengan sehat, mencukupi dengan kalori kurang dari kebutuhan sesuai dengan aktivitas kita dan olahraga adalah kunci utama kalo mau kurus.. Stop complaining and read.

Ok, sekian kisah kurus gw.. Ntar gw akan bahas lain waktu. Kalo ada yang mau tanya, silahkan email di link atau via instagram.. Stay healthy say...

My Other Celotehan