Breastfeeding journey.. You CAN!!

Rasanya sih sekarang udah pada banyak ibu yang punya kesadaran tinggi buat ngasih ASI ke bocahnya.. I am happy to know it! Dan saya akan berbagi cerita tentang proses menyusui anak saya.. Ups and down.. Perasaan sedih, senang dan campur aduk deh.. Agak ga pede juga buat ceritain karena gw sendiri masih menyusui dan berusaha.. Tapiii.. Yah.. Apa salahnya kita berbagi, siapa tau ada yg bisa dapat manfaatnya.. Drama menyusui ini berbeda antara anak pertama dan kedua saya.. Ini cerita saya...

Anak pertama saya dilahirkan dengan caesar (alasannya karena panggul sempit, that's why anak kedua juga caesar lagi).. Saya sangat tidak siap untuk operasi, sehingga saya sangat stres.. Saya menginginkan persalinan normal seperti ibu lainnya. Maklum, anak pertama.. Segala harus perfect dah.. Tapi nasib berkata lain. Waktu itu saya harus operasi caesar sekaligus appendisitis (aka usus buntu yg baru ketahuan pas di meja operasi dan langsung dilanjutkan operasinya saat itu juga). You can say, buy 1 get 1.. Ahahaha... Berhubung krn saya ga tahan anestesi, muntah2 selama operasi, maka saya dibius total. Ga mungkin IMD saat itu, enyaknya teler, kan? Setelah siuman, langsung cari si baby.. Wow, senenggg bgt pertama kali pegang dia.. So tiny.. Ringkih.. But handsome.. Saking semangatnya, saya langsung minta rooming in dan nyusuin. Tapiiii... Bengong.. Ga tau berapa kali panggil perawat buat ngajarin posisi yg bener.. Beda antara teori dan kenyataannya.. Dan ternyata si bayi NLO cukup haus.. Asi saya belum cukup.. Anak saya ga bisa direct breastfeed dengan baik.. Anak saya kekurangan cairan akhirnya jadi kuning.. Untuk memenuhi kebutuhannya maka saya pompa terussss.. Belum lagi, saat pompa yang keluar malah darah.. Sedihhhhh banget rasanya.. Panik.. Nangis sejadi-jadinya. Merasa tidak bisa menjadi ibu yang baik.. Kesal, marah, sedih, bingung.. Suami saya membeli beberapa jenis pompa.. Mulai dari yang corong pake balon merah kaya yang harganya belasan ribu jaman "kambing" dulu, breastpump manual dari avent, tommeetippee.. ASI tak kunjung bisa keluar.. Saya ingat.. Sebelum melahirkan saya sudah searching breastpump and I'm falling in love with medela.. Tapi suami ga ngerti kalo merknya medela dan elektrik, untunglah akhirnya bener yg dibeli.. Drama ga berhenti sampai disitu.. Waktu itu sempat kolostrum hasil pompaan mencapai 60cc yang susah payah saya pompa malah dijatuhkan suami saat mau dipindahkan ke botol si kecil.. Rasanya kesalllll sekali.. Dan anak saya harus dirawat seminggu di RS setelah lahir karena kuning.. Sedih, karena akhirnya dia tidak bisa menyusui langsung..selamanya. Setiap 2-3 jam, saya pompa.. Pagi-siang-malam.. Gigih betulll.. Saya tidak mau menyerah.. Tapi nasib berkata lain.. Ternyata saat usia baby NLO 4 bulan, saya hamil namun keguguran.. Belum lagi saya masih sekolah, jaga malam, drama di RS, full stres.. Long story short akhirnya saya hanya bisa menyusui hingga usia 1 tahun, itupun sudah dicampur susu formula sejak usia 6 bulan.. Sejak saat itu saya berjanji dalam hati akan menyusui anak saya yang kedua... Dan anak keduapun lahir..

Setelah berbagai drama kehidupan, ups and down, countless tears, anak kedua lahir dengan situasi yang berbeda.. Dia lahir dengan ibu yang sudah siap untuk operasi (lagi), dan yang pasti lebih enjoy.. Akhirnya, hari pertama saya bisa memompa sebanyak 50cc (walau hari pertama ga begitu perlu langsung menyusui karena masih ada "sisa" cadangan makanan.. Hari pertama belum bisa rooming in dulu. Dan ternyata anak kedua saya aka baby Cliff pintar sekali direct breastfeed.. Dan ternyata, asi saya melimpah ruah.. Saking penuhnya, maka saya memompa.. Dan inilah hasilnya..


Itu adalah hasil 3 minggu saya memompa.. Senang? Pastinya.. Setiap minggu selalu membli kantong asi baru.. Karena kulkas ga cukup lagi, maka saya beli deep freezer khusus untuk ASIP.. Hanya dalam waktu sessat saja, hasil pompaan saya sudah memenuhi dua kulkas itu.. Foto di bawah ini saat deep freezer belum terlalu penuh, ternyata setelah dihitung mencapai 500 lebih kantong asi, belum ditambah lagi dari kulkas dua pintu itu..


Yes, I am bleesed.. Berhubung ga mungkin beli kulkas ketiga, maka si NLO yg udah berusia 3, saya beri asi.. Hitung-hitung saya mengganti "hutang" karena tidak sukses menyusui dia hingga 2 tahun.. Sisanya, kami pakai untuk mandi susu.. Ehehehehe... Namun drama blum usai.. Bukan suami saya namanya kalau dia tidak melakukan ke"aneh"an.. Kali ini dia tidak menumpahkan ASI atau salah membeli pompa.. Tapi dia meminta saya untuk tidak perlu direct breastfeed, pakai botol saja.. Alasannya supaya saya tidak lelah karena harus bekerja dan malamnya tetap harus tetap terjaga karena breastfeed.. Saya sedih bukan main.. Saya sampai menangis meminta untuk tetap breastfeed.. Tapi dia melarang saya.. Kesal? Iya.. Pertama, saya ingin anak saya mendapatkan asi segar dan rasa nyaman.. Kedua, supaya suply asi tetap terjaga. Ketiga, saya tidak protes, tidak membangunkan orang lain, saya dengan senang hati melakukannya.. Berhari-hari saya kesal, terutama saat si kecil sudah bingung puting karena di"paksa" ayahnya tetap menggunakan botol.. Sedih rasanya saat orang terdekat tidak mensupport kita.. Namun untunglah asi saya tetap banyak, bisa cukup untuk dua anak dan semoga tetap banyak serta bisa menyusui hingga 2 tahun nanti.. Aminnn... Sekarang yang ditunggu-tunggu.. 

Kenapa ASI saya cukup banyak? Rahasianya?
Makan banyak. Forget bout being slim.. Lu orang makan buat dua olang laaa.. ;p 2 tahun pertama itu golden period buat perkembangn otak, jadi investasikan dengan asupan sehat.. ASI itu sangat tergantung dengan pola makan ibu.. 
Minum lebih banyak.. Setiap hari kira2 asi saya 2 liter yang dipompa, artinya saya harus minum lebih banyak.. And it works!
Suplemen? Saya lebih memilih milmor, bukan milmor NF looo.. Milmor biasa plus mama soya..
Kacang!
Perbanyak sayur, maupun cairan seperti sop daging, sop ikan, pokoknya segala macam sop. Saya menghabiskan satu tupperware besaaarrrrrr sehari loo.. 
Relax.. Dude, it works so good! Positive minds make let down reflex lebih lancar..
Rangsangan.. Walau saya xclusive pumping, tapi saya tetap attach dan biarkan anak saya memainkan puting saya supaya tetap terangsang si let down reflex itu..
Massage.. Biasanya saya sempatkan massage dan breast care di mom n jo di sela2 kesibukan saya..

Info seputar exclusive breastpump saya
Adakah aturan kapan harus memompa? Katanya sih tiap 2-3 jam sekali. Namun rasanya ga sempat ya.. Bisa disesuaikan dengan jadwal kita sendiri. Contoh, jadwal pompa saya 3 kali sehari (pukul 5am saat bangun, 2pm setelah praktek pagi dan 8pm saat sebelum menidurkan anak2). Oh iya, saya selalu memompa di rumah.. Lebih nyaman.. Enak ya, siang bisa pulang.. Ehehehe....

Siapkan dalam 1 bag to go.. Dalam tas pompa saya, saya sediakan alat pump, kantong ASI, baterai (siapa tau mati lampu jadi tetep bisa pompa), tissue basah. Kalau mau bepergian ice pack jangan lupa.. Untuk pump, pilihan saya medela swing electric breastpump. Teknologi 2 phasenya memang efektif untuk pompa lebih cepat dan kuat booo.. Itu saya pakai dari jaman anak saya yang pertama, which is 3 years ago and it's still working so damn good! Fyi.. Saya sekali memompa dapat ASIP 600 hingga 800cc. Jadi setiap pompa saya butuh 6-7 kantong asip atau langsung masuk botol supaya langsung diteguk si baby plus abangnya.. Jadwal pompa saya sehari 3 kali (jam 5 am pada saat bangun tidur, jam 2pm sesudah praktek pagi dan 8pm). Sesuaikan dengan jam kerja.

At the end..
Ini cerita saya.. Saya bukan mau pamer.. Karena sampai saat inipun masih berjuang untuk tetap memberikan asi buat si kecil nan ganteng sampai 2 tahun.. Amiinnn.. Semangat ya para pejuang ASI.. 
If I can, you can too.. 
Semangattttt




Comments

My Other Celotehan